Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan
Abstract
Communication is a basic human activity, by communicating humans can relate to each other in everyday life wherever humans are. Interpersonal communication is communication between people face-to-face, which allows each participant to capture other people's reactions directly, both verbally and non-verbally. Interpersonal communication, as communication between the communicant and the communicant, is considered the most effective type of communication in an effort to change attitudes, opinions or behavior. This research discusses interpersonal communication to increase customer satisfaction with services. This research aims to find out how interpersonal communication works to determine the level of customer satisfaction, using a humanitarian approach, namely openness, empathy, supportiveness, positivity and equality. This research design is descriptive research with a qualitative approach.
Downloads
References
A. Zeithmalm, Valerie dan A. Parasuraman .1990. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free
Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Jawa Timur: Bayumedia Publishing
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana.
DeVito. Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia (Agus Maulana. Terjemahan). Tangerang: Karisma Publishing.
Ginting, S., & Gari, H. (2020). Pengaruh Talkshow Mata Najwa Terhadap Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia Tahun 2020. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 2(1), 176-181.
Ginting, S., & Manao, E. H. (2020). Hubungan Persepsi Dengan Minat Menonton Program Talkshow Kick Andy Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial USM-Indonesia: Studi Korelasional Tentang Hubungan Persepsi dengan Minat Menonton Talkshow Kick Andy di Metro TV Pada Mahasiswa FEIS USM-Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 2(2), 255-261.
Ginting, S. (2021). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(1), 419-427.
Ginting, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Sejati Rezeki. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 397-403.
Ginting, S., & Harefa, M. (2022). Strategi Komunikasi Bidang Metrologi Terhadap Peningkatkan Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Di SPBU Kota Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 462-470.
Harefa, H. S. A., Sari, S. N., & Hia, N. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Hoax Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 123-138.
Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.
Hia, N., & Laia, M. N. I. (2022). Dampak Komunikasi Virtual Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Lahusa Kelas XI. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 172-178.
Hia, N., Sarah, E. M., & Napitupulu, E. E. (2022). Pelatihan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Di Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 130-134.
Hia, N., Napitupulu, E. E., & Daeli, M. M. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Podcast Medan Orbit Melalui Tema Podcast 100 Hari Kinerja Walikota Medan. Jurnal Visi Komunikasi/Volume, 21(02), 231-238.
Hia, N., Sarah, E. M., & Naibaho, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Anak di SMA Katolik Mariana Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(2), 270-275.
Hia, N., Sarah, E. M., & Marpaung, R. (2023). Sosialisasi Undang–Udang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Pemanfaatan Media Sosial di Kalangan Muda Mudi HKBP Rogate Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 21-25.
Hia, N., Sarah, E. M., & Marpaung, R. (2023). Sosialisasi Undang–Udang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Pemanfaatan Media Sosial di Kalangan Muda Mudi HKBP Rogate Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 21-25.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Prakis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.
Napitupulu, Evi Enitari. (2020) Revitalisasi Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Samosir Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Napitupulu, E. E. (2015). Komunikasi Simbolik Ulos Pada Pernikahan Adat Batak Toba (Studi Interaksionisme Simbolik Ulos Pada Penikahan Adat Batak Toba Di Sumatera Utara) (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana).
Napitupulu, E. E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Kemasanterhadap Minat Beli Produk Mabruschetta. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 425-432.
Napitupulu, E. E. (2022). Pengaruh Aplikasi My Telkomsel Terhadap Pemenuhan Internet Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 477-480.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.
Pawito, 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Sleman: Ar-Ruzz Media.
Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). Gaya Komunikasi Pustakawan Pada Pengguna Pada Taman Bacaan Masyarakan Literasi Sosial. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(1), 191-201.
Sihombing, M. U. S., & Famaugu, N. (2020). Minat Jurnalis Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumatera Utara Dalam Meliput Berita Aktual Sumut Dalam Berita. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(1), 182-187.
Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru Di Smp Markus Medan). Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 261-270.
Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru Di Smp Markus Medan). Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 261-270.
Sihombing, M. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Meet Dalam Proses Belajar Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 404-410.
Sihombing, M. U. S., & Telaumbanua, D. (2022). Pengaruh Komunikasi Virtual Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 70-77.
Simamora, N., & Bago, H. (2020). Persepsi Pembaca Terhadap Surat Kabar Jurnal Asia Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(1), 188-194.
Simamora, N., & Zebua, A. (2020). Peranan Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumatera Utara Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Lokal Pada Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Kota Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(2), 262-267.
Simamora, N., & Saragih, F. V. J. (2021). Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 271-279.
Simamora, N. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Yayasan Mitra Sauri Utama Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(1), 448-453.
Simamora, N. (2021). Pengaruh Tayangan Iklan Program Adsense Pada Channel Youtube Deddy Corbuzier Terhadap Minat Menonton Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 411-417.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Supraktiknya, A. 1995. Tinjauan Psikologis: Komunikasi Antar Pribadi. Sleman: Kanisius.
Toruan, R. M. L. L., Asmara, S., & Zulkarnain, I. (2022). Effectiveness of Ruangguru Application as Communication Medium in Online Tutoring among HighSchool Students in Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 899-908.
Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.
Wood, Julia T. (ed). 2013. Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian (Rio Dwi Setiawan. Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.
Zulham. 2013. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana.