PENGARUH TAYANGAN IKLAN PROGRAM ADSENSE PADA CHANNEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER TERHADAP MINAT MENONTON MAHASISWA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penayangan iklan Adsense di channel YouTube Deddy Corbuzier terhadap minat dan sikap menonton mahasiswa USMI. Teori yang digunakan adalah teori media baru. Total populasi penelitian ini adalah 16.874 yang dipilih secara acak dari 15 fakultas USMI, sehingga dipilih 4 fakultas, sedangkan 400 mahasiswa diambil sampelnya secara proporsional dari 4 fakultas USMI. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data Spearman. Hasil penelitian menunjukkan tayangan iklan adsense dengan minat menonton memiliki nilai korelasi 0,446, tayangan iklan adsense memiliki nilai korelasi 0,579, dan tayangan iklan adsense dengan minat menonton memiliki korelasi 0,446. nilai 0,633. Penayangan iklan dari program Adsense di channel YouTube Deddy Corbuzier mempengaruhi minat dan tontonan mahasiswa USMI. Hasil nilai korelasi positif menunjukkan adanya hubungan searah bahwa minat menonton meningkatkan aktivitas menonton pada kanal YouTube Dedy Corbuzier. Nilai signifikansi adalah adanya hubungan yang signifikan antara variabel aktivitas dan minat menonton.
Downloads
References
Ardianto, Elvinaro & Erdinaya, Lukiati Komala. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Ardianto, Elvinaro. 2012. Komunikasi Massa. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Asaas Putra & Diah Ayu Patmaningrum. 2018. Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak. Bandung : Vol. 21 No 2.
Azwar S. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka Pelajar
Baron, R. A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga.
Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
Denzin, Norman K. & Tvona S. Lincoln (Eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditia Bakti.
Elli Rini, Ayub Imran. 2017. Pengaruh Terpaan Tayangan Traveling Channel Di Youtube Terhadap Minat Berwisata Subscribers Di Indonesia (studi Pada Subscribers Traveling Channel Youtube Ponti Ramanta). Vol 4, No 1.
Eribka Ruthellia David, Mariam Sondakh, Stefi Harilama. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa IlmuKomunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Vol 6, No 1.
Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.
George Ritzer. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda.(Jakarta PT Rajawali Press.2011),126.
Hadi, Sutrisno. 2015. Statistika. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hana Kurnia Eka Putri, Muhammad E Fuady. 2018. Hubungan antara Tayangan Youtube “Female Daily Network” dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen. Universitas Islam Bandung : Vol 4, No 2.
Hilda U S. 2015. Pengaruh Tayangan Iklan Earth Hour Tentang Penggunaan Energi di Televisi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa/i SMPN10 Samarinda. Samarinda : Vol 3 No. 4
Humaizi. 2018. The Correlation Between Broadcasting Spill-over Of Malaysian Television and Radio an Islamic Religious Knowledge of Community Members in East Aceh. Malaysian Journal Of Communication. Hal 205
Hurlock, Elizabeth B. 2004. Developmenral Psychology. Jakarta : Erlangga.
Hotman M. Siahan. 2010. Sejarah dan Teori Sosiologi .(Jakarta, Erlangga), 90.
I.B Wirawan. 2011. Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. (Jakarta, Kencana Prenadamedia Grup), 79.
Ikbal, Muhamad. 2011. “Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro
Kriyantono, Rahmat. 2012. Teknik Praktis Riset komunikasi, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Levinson , Paul. 2013. New media . New Jersey : Permission Department.
Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta : Rajawali Pers.
Masri Singarimbun. 2011. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Ratna Sari Dewi, Fatin Nadhifa Tarigan, Alinur. 2019. Pengaruh Sarana Televisi Terhadap Sikap dan Tingkah Laku Aanak. Medan : Universtas Pembinaan Masyarakat Indonesia.
Restu Akmalia, Nikita Putri Pradini. 2017. Pengaruh Iklan dan Etnosentrisme Terhadap Sikap Penonton Serta Implikasinya Pada Keputusan Menonton (StudiKasus: Penonton Film WarkopDKIReborn: Jangkrik Boss! Part 1 diBioskop Rajawali Purwokerto). Purwokerto : IAIN Purwokerto.
Sarwono. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Edisi 2. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono P.D. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.
Wahyu Ningtyas & Ismojo Herdono. 2019. Pengaruh Terpaan Tayangan Youtube “Londokampung” Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahasa Suroboyoan pada Subscribers di Surabaya. Stikosa-AWS, Surabaya : Vol. 7 N0. 1.
Winda Pramita. 2016. Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Program Religi Islam “Assalamualaikum Cantik” di Transtv dan Sikap Berpakaian Muslimah terhadap Gaya Berpakaian Muslimah Trendi pada Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.
Wulandari, Putri Ayu. 2021. Pengaruh Video Blog Mekap Tutorial Pada Youtube Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU. Medan : UIN SU.