PERANAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI SUMATERA UTARA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI LOKAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA KOTA MEDAN

Authors

  • Nurhawati Simamora Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Anugerah Zebua Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

LPP TVRI, Kebutuhan Informasi Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sumatera Utara dalam memenuhi Kebutuhan Informasi Lokal pada mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa  S1 Universitas Sari Mutiara Indonesia yang berjumlah 96 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dan Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai korelasi rxy = 0.178. Hubungan rxy = 0.178 berdasarkan analisis koefisien korelasi menujukan bahwa hubungan tersebut termasuk hubungan yang sangat lemah. Hasil uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 1.755 > nilai r tabel = 1.661, ini berarti hubungan rxy = 0.178 berlaku secara general, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya peranan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara dalam memenuhi Kebutuhan Informasi lokal pada mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara merupakan salah satu foktor yang menentukan Kebutuhan Informasi Lokal mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia yaitu sebesar 3.2 %., sisanya 96.8 % ditentukan oleh faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa Pers.

Alhadi, A.Raziel. 2012. Peranan LPP TVRI Dalam Memberikan Informasi Pembangunan Terhadap Masyarakat Kota Pekan Baru. Skripsi. Riau: Program Strata Satu (S-1) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Bugin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

Komisi Penyiaran Indonesia. 2012. Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Jakarta: KPI Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelolah Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Nuruddin. 2004. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Cespur.

Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. 2017. Medan: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sitorus, S.Karoli. 2017. Program Sumut Dalam Berita Dan Kebutuhan Informasi Lokal. Skripsi. Medan: Depertemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Sumatera Utara.

Sugiyono. 2106. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

Tinambunan, W.E. 2011. Komunikasi Massa. Pekanbaru: Yayasan Sinar Kelasen.

Tinambunan, W.E. 2011 Teori-Teori Komunikasi. Pekanbaru: Yayasan Sinar Kelasen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan Pers. 2007. Bandung: Citra Umbara.

Widjaja, H.A.W. 2008. Komunikasi. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Yantos. 2015. Peranan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Dalam Mendukung Pemerintah Daerah. Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi,UIN Suska Riau. Vol. 26, No 2.

Yohan. 2013. Pengaruh Terpaan Media Online Detik.Com Terhadap Tingkat Pengetahuan Umum Karyawan Mara Advertising Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yagyakarta.

Sumber Lain:

http://www.forlap.dikti.go.id

http://www.landasanteori.com/2015/08/pengertian-informasi-definisi-menurut.html

Wikipledia.org

https://iperpin.wordpress.com/tag/kebutuhan-informasi/

https://encangsaepudin.wordpress.com/2009/01/10/prilaku-pencarian-dalam-memenuhi-kebutuhan-informasi-bagian-1/

Downloads

Published

2020-11-19