STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN YAYASAN MITRA SAURI UTAMA MEDAN

Authors

  • Nurhawati Simamora Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

strategi komunikasi, promosi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas public relations (khususnya external public relations) dalam mempromosikan Yayasan Sauri Mitra Utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Strategi adalah perencanaan atau menajamen yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan baik dalam memasarkan barang atau jasa. Strategi promosi merupakan perencanaan yang telah ditetapkan dalam melakukan kegiatan promosi. Persaingan dalam dunia pendidikan untuk mendapatkan calon karyawan-siswi baru semakin ketat, membuat Yayasan Mitra Sauri Utama Medan harus memiliki strategi yang baik agar dapat  menarik minat calon karyawan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Yayasan Mitra Sauri Utama Medan dalam menarik minat calon karyawan baru. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek yang menjadi informan penelitian ini berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumenatasi. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan Yayasan Mitra Sauri Utama Medan dalam menarik minat calon karyawan baru telah dilakukan dengan baik. Berdasarkan konsep bauran promosi yaitu, periklanan berupa spanduk, baliho dan brosur. Penjualan perorangan tidak hanya dilakukan oleh tim promosi akan tetapi karyawan ikut mempromosikan sekolah kepada orang-orang terdekat. Publisitas dengan berbagai kegiatan gotong royong, lomba, dan didikan dasar militer (diksarmil) serta pemasaran langsung melalui telepon berupa nomor telpon, facebook dan instagram telah dilaksanakan dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika: Jakarta.

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Erlangga: Yogyakarta Kasmir. 2008. Pemasaran Bank. Kencana: Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana: Jakarta.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat: Jakarta.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Rianse, Usman dan Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Alfabeta: Bandung.

Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(1), 191-201.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.

Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).

Wahjono, Sentot Imam. 2010. Manajemen Pemasaran Bank. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-05-03