PERSEPSI PEMBACA TERHADAP SURAT KABAR JURNAL ASIA MEDAN

Authors

  • Nurhawati Simamora Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hengki Bago Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Persepsi Pembaca, Surat Kabar, Jurnal Asia

Abstract

Media massa sebagai saranan integrasi dan interaksi memiliki kemampuan yang besar untuk menyebarkan pesan-pesan. Salah satunya surat kabar Jurnal Asia yang merupakan produk yang benar-benar independent, kredibel serta bisa menjadi rekan bisnis pembaca maka harian jurnal asia mampun meraih hati pembaca dan masyarakat dengan segenap kemampuan dalam mengolah berita Harian Jurnal Asia. maka dengan Haria Jurnal Asia di Medan, yang menyajikan berita umum seputar kota Medan dan menjadi ancuan sumber informasi bagi masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pembaca terhadap surat kabar Jurnal Asia. Penelitian di desain sebagai penelitian survei deskriptif kuantitatif, Populasi penelitian ini adalah pembaca surat Kabar Jurnal Asia yang  berada pada wilayah Kota Medan Barat 6000 eksemplar, dengan pertimbangan wilayah ini merupakan wilayah distribusi terbesar surat kabar Jurnal Asia. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian di lakukan dilapangan menggunakan kuesioner dengan lokasi penelitian ini Jalan Bilal Ujung Kmp. Ruko bilal Central No. A1,A2,B1,B2 dengan alasan bahwa surat kabar harian jurnal Asia masih cukup banyak kekurangan, Karenanya sangat membutuhkan kritik dan saran dari para pembaca, agar media ini bisa bersaing dan mampu dibanggakan dalam proses pengembangan diri dan telah cukup lama bergerak dalam bidang industry surat kabar. Teknik analisis data menggunakan hasil tabulasi yang dilakukan dengan membandingkan skor total dan kategori yang telah di buat menunjukan bahwa persepsi pembaca harian Jurnal Asia termasuk kategori “BAIK” Yaitu 4035. Atau sebesar 70% dari 100% persepsi pembaca yang di inginkan Jurnal Asia Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bugin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Deddy Mulyana.2008. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Elvinaro Ardianto. 2017. Komunikasi massa. Bandung Simbiosa Rekatama Media

Effendy 2003 dalam Jurnal Gusmia Arianti , Bandung : Remaja Rosdakarya

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Jalaluddin Rahmat, 2011 Psikologi Komunikasi Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexi J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Rully dan Poppy Metodologi Penelitian Kualitatif dan kuantitatif. Bandung PT Refika Aditama.

Suryanto. 2015. Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2106. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex,2011Psikologi Umum, Bandung : Puatakasetiap.

Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. 2017. Medan: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Gusmia Arianti 2015 Institut Pertanian Bogor (IPB), Persepsi Pembaca Terhadap Berita Pembangunan Di Surat Kabar Daerah

Yohanes Widodo, S.Sos.,M.Sc 2015 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Kepuasan Pembaca Terhadap Layout Koran

Diah Puji 2015 Universitas Mulawarman Kota Samarinda, masyarakat terhadap Etika komunikasi pembawa acara berita tepian TV dalam memberikan pesan berita kepada masyarakat seputar kota samarinda

Werner J. Severin. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana

W.E. Tinambunan,Schram, Robert, Richard E.Porter, dan larry2011. Teori-Teori Komunikasi. Pekan baru PT Sinar Kelase

Sumber Lain

https://www.google.co.id/search?q=kepuasan+pembaca+terhadap+layout+korN+Tribun+jogja&oq=kepuasan+pembaca+terhadap+layout+Koran+tribun+jogja&aqs=chrome..69i57.2028j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

https://www.google.co.id/search?q=persepsi+masyarakat+terhadap+etika+komunikasi+pembawa+acara+berita+tepian+TV+dalam+memberikanpesan+berita+kepada+masyarakat+seputar+kota+Ssamarinda&oq=persepsi+masyarakat+terhadap+etika+komunikasi+pembawa+acara+berita+tepian+tv+dalam+memberikan+pesan+berita+kepada+masyarakat+seputar kota+samarinda&aqs=chrome..69i57.103600j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

https://search.yahoo.com/search?ei=utf- 8&fr=tightropetb&p=Persepsi+pembaca+terhadap+berita+pembangunan+di+surat+kabar+daerah.&type=66797_032217

Downloads

Published

2020-05-03