PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Setiamenda Ginting Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Konten Vlog, Youtube, Sikap Mahasiswa

Abstract

Vlog adalah  video yang berisi  opini, cerita, atau kegiatan sehari-hari, biasanya ditulis dalam sebuah blog. Vlog awalnya adalah cara untuk mengekspresikan diri dan pendapat Anda kepada publik. Namun, seiring berjalannya waktu, hasil akhirnya adalah beberapa vlogger mengekspresikan diri mereka terlalu "bebas" dan umumnya "negatif", yang mengarah ke tren seperti penggunaan kata-kata kasar atau umpatan dalam video, dan tren gaya hidup budaya barat yang bebas. Maraknya vlog di media sosial sudah menjadi tontonan rutin bagi anak muda. Fenomena ini juga terlihat di kalangan mahasiswa,  khususnya di kalangan mahasiswa Ekonomi dan Ilmu Sosial di  Universitas Sari Mutiara, Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode korelasi yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh  variabel X atau 'konten Vlog' terhadap variabel Y atau 'sikap mahasiswa', dan dianalisis menggunakan koefisien korelasi, produk analisis, rumus momen, yang mengungkapkan kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih, juga dapat menentukan arah  variabel. Nilai korelasi yang diperoleh kuat dan positif. Positif artinya terdapat hubungan satu arah antara konten Vlog dengan sikap mahasiswa. Ketika konten Vlog sering dilihat, mahasiswa mengembangkan sikap. Pembentukan sikap yang dihasilkan adalah sikap positif yang bertujuan agar mahasiswa suka dan senang  menonton vlog, mau mencoba hal-hal yang ada di vlog, bahkan memiliki keinginan untuk menjadi vlogger.

Kata Kunci : Konten Vlog, Youtube, Sikap Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Berger, Charles R, dkk. 2015. Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media. Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Cangara, H. Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hia, N., & Siregar, M. 2019. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PADA HOTEL BUMI HIMALAYA MEDAN. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 3(2), 23–35. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1107

Hia, N., & Sihombing, Mega Ulva Sari. 2020. Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2).

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. 2015 .Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin dan Ibrahim. 2016. Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumadiria, A.S. Haris. 2014. Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susetyo, Budi. 2014. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumber lain :

LL Bancin, 2011, Sikap dan Tindakan Bidan Tentang Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal di RSU Kabanjahe Kab. Karo Tahun 2009, http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/23254

Putri, Fanny Aulia, 2014, Opini Mahasiswa Mengenai Tindakan Cyberbullying di Media Sosial (Studi Deskriptif Opini Mahasiswa SMA Negeri 1 Medan Mengenai Tindakan Cyberbullying di Media Sosial, http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/42287

Nurlaelah Syarif, 2015, Pengaruh Perilaku Pengguna Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa SMK TI Airlngga Samarinda, http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1974

Downloads

Published

2021-05-03

Most read articles by the same author(s)