PENGARUH TALKSHOW MATA NAJWA TERHADAP PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DIKALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA TAHUN 2020

Authors

  • Setiamenda Ginting Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hidayat Gari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Talkshow, Mata Najwa, Wawasan Berkebangsaan

Abstract

Televisi merupakan hasil perkembangan teknologi yang semakin maju dalam menyampaikan pesan melalui audio dan visual secara bersamaan, sehingga informasi lebih mudah dipahami dan mampu memberikan kesan. Program acara Mata Najwa merupakan salah satu program acara di media TV yang memberikan informasi yang mendalam tentang kejadian yang dialami tokoh politik, pemerintahan sampai ke masyarakat umum yang layak untuk diketahui permasalahannya. Dari hasil Uji korelasi yang dilakukan diperoleh hasil 0,620 yang artinya terdapat pengaruh yang kuat antara program acara Mata Najwa terhadap peningkatan wawasan berkebangsaan. Dari uji regresi yang diperoleh sebesar 38% pengaruh talkshow Mata Najwa mempengaruhi pemenuhan wawasan berkebangsaan dan dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat Pengaruh Talkshow Mata Najwa Terhadap Peningkatan Wawasan Berkebangsaan dikalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial USM - Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Sri Rahayu, 2013 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Malang : PT BumiAksara

Bugin, Burhan, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarata: Kenjana

EvinaroArdianto,LukiatiKomala,Siti Karlinah 2017 Komunikasi Massa. Bandung :Simbiosa Rekatama Media

Hidajanto Djamal, 2011, Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta : Kencana Jalaluddin Rakhmat 2011 Psikologis Komunikasi, Bandung ; PT. Remaja RosdakaryaOffset.

Jalaluddin Rachmat, 2007 Metode Penelitian Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Dan IlmuSosial 2017. Medan: Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Suryanto 2015 Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : CV. Pustaka Setia

Sugiyono, 2016. Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

Rully, Popy. 2014Metodoligi Penelitian. Bandung : Refika Aditama

W.E.Tinambunan, 2011 Teori-Teori Komunikasi. Pekanbaru : sinar kelasen pekanbaru

Werner, J. Severin, James W. Tankard. Jr.2011 Teori Komunikasi. Jakarta : Kencana

W.E.Tinambunan2011 Komunikasi massa Pekan baru ; Sinar Kalasean Pekanbaru

Sumber lain :

http://www.konsultan statistik.com Diakses 13 Maret 2017, uji-asumsi-klasik.html

http://www.markijar.com/2017/10/wawasan-kebangsaan-indonesia-lengkap.html

https://www.duwinkonsultant.co.id/wiki//Diakses13maret2017, Regresi_Linier_Sederhana (http://www.hendra.ws/pengertian-talkshow Diakses 28 April 2017 jam 11:20).

http://www.zakapedia.com/2013/10/pengertian-wawancara-dan-jeniswawancara.html tgl 29/05/2017 jam 11:30)

http://arifnurhidayah.blogspot.co.id/2017/10/pengertian-dan-makna-wawasankebangsaan.html

Downloads

Published

2020-05-03