HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN MINAT MENONTON PROGRAM TALKSHOW KICK ANDY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI & ILMU SOSIAL USM-INDONESIA

Studi Korelasional Tentang Hubungan Persepsi dengan Minat Menonton Talkshow Kick Andy di Metro TV Pada Mahasiswa FEIS USM-Indonesia

Authors

  • Setiamenda Ginting Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Elwinna Hati Manao Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Persepsi, dan Minat Menonton Talkshow Kick Andy

Abstract

Komunikasi tidak dapat terlepas dari kehidupan setiap orang, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Salah satu media komunikasi yang berkembang saat ini adalah televisi karena keunggulan audiovisual yang mampu menarik perhatian audien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan persepsi dengan minat menonton program talkshow Kick Andy pada mahasiswa FEIS USM-Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEIS USM-Indonesia Program reguler S1 berjumlah 301 orang dan sampel 75 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Pearson dengan hasil diketahui nilai rhitung dan rtabel yaitu 0,596>0,227 serta diketahui nilai thitung dan ttabel sebesar 7,89>1,993. Jika dibandingkan thitung dan rhitung lebih besar dari ttabel dan rtabel, maka terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan minat menonton program talkshow Kick Andy pada mahasiswa FEIS USM-Indonesia dengan tingkat signifikansi korelasi p=0,000 (p<0,05). Kekuatan hubungan ini termasuk kategori sedang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel persepsi merupakan salah satu faktor yang menentukan minat menonton mahasiswa dengan angka koefisien determinasi sebesar 35,5% sedangkan 64,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Chairil, 2015. Efektivitas Tayangan Kick Andy Di Metro TV Dalam Memberikan Motivasi Pada Warga Kelurahan Gunung Elai Kecamatan Bontang Utara. eJournal Ilmu Komunikasi Fisip Unmul, 2015. Volume 3(3): 106-109.

Amini, S., dan R. Susilowati, 2010. Produksi Biodiesel Dari Mikroalga Botryococcus Braunii. Squalen. 5 (1).

Ali, Muhammad, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Amani.

Agus Sujanto, 2004. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bungin, Burhan, 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya), Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana, 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendi, Sofian, dkk, 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Hamidi, 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi (Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian), Malang: UMM Press.

Hidayat, 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiastika, E., 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Film, Efek Komunitas, dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Menonton dan Implikasinya Terhadap Minat Menonton (Studi Kasus Pada Penonton Bioskop E-Plaza Semarang Mahasiswa FEB UNDIP). Semarang: UNDIP.

Morissan, M.A., 2008. Manajemen Media Penyiaran (Strategi Mengelola Radio & Televisi), Jakarta: Kencana.

Morissan, 2007. Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu), Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Mulyana, Deddy, 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, Niat, 2011. Pengaruh Minat Menonton Film Kartun Upin Dan Ipin Episode Tema Ramadhan Terhadap Pemahaman Pai Pada Aspek Ibadah Di Bulan Ramadhan Siswa Sdn Kemiri 06 Subah Kabupaten Batang. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Medan: USU.

Pandia, Norasina Lestari, 2016. Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Terhadap Tayangan “The Comment” (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Persepsi Mahasiswa FISIP USU Terhadap Tayangan “The Comment” di Stasiun Televisi Swasta Baru Net.TV). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rahmat, Jalaluddin, 2011. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rufvi, Orta Arhar, 2009. Persepsi menonton tayangan talkshow bukan empat mata di trans7 (Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa FISIP UNS Menonton Acara Talk Show Bukan Empat Mata di Televisi Trans7). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Santoso, Aris, 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Talkshow Mata Najwa Di Metro TV ((Study Deskriptif Kuantitatif Pada Maha siswa LPM Pabelan UMS Terhadap Mata Najwa Periode 18 November 2015-15 Maret 2016). Surakarta: Universitas Muham madiyah Surakarta.

Sobur, Alex, 2011. Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setiap.

Sukardi, 2003. Bimbingan Dan Penyuluhan Belajar Di Sekolah. Bandung : Usaha Nasional.

Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tinambunan, W.E., 2004. Teori-teori Komunikasi, Pekanbaru: Sinar Kelasen Pekanbaru.

Tinambunan, W.E., 2011. Komunikasi Massa, Pekanbaru: Sinar Kelasen Pekanbaru.

Walgito, Bimo, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi.

Wulandari, Nurlita Putri, 2014. Pengaruh Tayangan Talkshow Dr. Oz Indonesia Trans Tv Terhadap Perilaku Hidup Sehat Masyarakat Samarinda (Studi Masyarakat Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara). eJournal Ilmu Komunikasi Fisip Unmul. 2014. Volume 3(1): 14-25.

Yuanita, Chrisanti, Agnes, 2008. Pengaruh Persepsi Konsumen pada Iklan TV terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Iklan Produk Sabun Mandi Lifebuoy dan Iklan Produk Handphone Nokia). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sumber lain:

https://indoberita.com/inilah-daftar-pemenang-anugerah-kpi-2015-net-tv-juara-umum-29774.html

http://www.jadwal televisi.com/info/jadwal-metro-tv-kick-andy

www.kpi.go.id

https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi

http://forlap.dikti.go.id/prodi/search,

www.sari-mutiara.ac.id

Downloads

Published

2020-11-19

Most read articles by the same author(s)