Strategi Komunikasi Bidang Metrologi Terhadap Peningkatkan Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Di SPBU Kota Medan
Keywords:
Strategi Komunikasi, Pelayanan Tera dan Tera Ulang Di SPBU Kota MedanAbstract
Skripsi ini berisi penelitian Strategi Komunikasi Bidang Metrologi Terhadap Peningkatan Pelayanan Tera dan Tera Ulang Di SPBU Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk melindungi kepentingan umum atau tertib niaga dan perlindungan konsumen dalam hal kebenaran pengujian, pengukuran, penakaran, penimbangan, dan kalibrasi untuk menentukan ukuran yang paling pas atau sesuai standard yang telah ditentukan sesuai ketentuan yang berlaku. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai (penera) Dinas Perdagangan dan pemilik SPBU Kota Medan yang berjumlah 54 orang. Jenis Sample yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung datang ke kantor Dinas Perdagangan dan tidak langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada responden melalui google form. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi = 0,384. Hubungan = 0,384 berdasarkan analisis koefisien korelasi hubungan tersebut termasuk hubungan yang rendah, hasil uji Hipotesis diketahui dari nilai t hitung = 2,998 > t tabel = 1,674,yang artinya hubungan berlaku secara siginifikan atau Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil koefisien determinasi juga menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam peningkatan pelayanan tera dan tera ulang di SPBU Kota Medan sebesar 14,7% sisanya 85,3% oleh faktor lainnya.
Downloads
References
Alo Liliweri, 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Achmad, 2018.Perilaku Organisasi. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
Ayu, 2020.Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan loyalitas Pelanggan Mapelmall.Com.Bandung : IKAPI.
Bagus, 2020.Hubungan Strategi Komunikasi Penyuluhan Pertanian Dengan Perilaku Petani Jahe. Bandung : Nilacakra.
Bahrul Kirom, 2012. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung : Pusaka Reka Cipta
Cangara, 2014.Perencanaan & Strategi Komunikasi.Depok : PT RajaGrafindoPersada.
Catur Saptaning, Tatag Handaka, 2017. Komunikasi Kesehatan. Malang : UB Press.
Dewi Suratiningsih, Suci Lukitowati, 2020. Strategi Komunikasi dalam Diplomasi Kemanusiaan.Surabaya : Scopindo Media Pustaka.
Deddy Mulyana,2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Edy Suryadi, dkk 2019.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.
Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.
Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.
Inggang Perwangsa, 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang : UB Press.
Komang Ardana, Dkk, 2009. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kartini Kartono, 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta : PT RajaGrafindoPersada.
Kasmir, 2017.Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Depok : PT. RajaGrafindo Persada.
La Ode Alamana, dkk 2018. Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Mu,ah dan Masram 2014. Loyalitas Pelanggan. Bandung :IKAPI.
NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta
Nurman Semil, 2018. Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Jakarta : Kencana.
Nofrion, 2016. Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Onong Uchjana Effendy, 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung :PT Remaja Rosdakarya Offset.
Popy Ruliana, Puji Lestari, 2019. Teori Komunikasi. Depok : PT RajaGrafindoPersada.
Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(1), 191-201.
Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.
Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).
Sugiyono, 2019.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : IKAPI.
Wursanto, 2005.Dasar-Dasar Ilmu Organisasi.Yogyakarta : CV Andi Offset.
Yusrin Ahmad Tosepu, 2018 Media Baru Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Pilitik di Dunia Virtual).Surabaya : CV. Jakad Publishing.
Yunus, 2020.Pengembangan Home Industri. Jawa Barat : Cv Jejak, anggota IKAPI.
Sumber Lain
http://eprints.radenfatah.ac.id/1064/1/intan%20muharni%20%2812510035%29.pdf.
http://repository.radenfatah.ac.id/4765/1/skripsi%20Dio%20Alif%Utama.pdf,
http://etheses.iainponorogo.ac.id/10141/1/Septiana%20E.P.pdf,
https://ngada.org/uu2-1981pjl.htm#`text
http://etheses.iainponorogo.ac.id/10141/1/Septiana%20E.P.pdf