PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA SEJATI REZEKI

Authors

  • Setiamenda Ginting Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kinerja, Kepemimpinan, Motivasi Kerja

Abstract

Kepemimpinan dan motivasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Dalam hal ini manajemen dan motivasi PT.Mitra Sejati Rezeki dinilai baik, namun pada kenyataannya tidak dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap kinerja karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah manajemen dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan  PT.Mitra Sejati Rezeki secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan dan motivasi kerja  secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan dan motivasi kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Proposal yang  diberikan kepada karyawan harus terus meningkatkan kualitas kerja dengan baik, dan manajer harus memotivasi karyawan ke level yang lebih tinggi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik numerik. Teknik ini digunakan karena populasi yang  diteliti kurang dari 100 orang. Metode pengumpulan data  adalah  angket  dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis  menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis  parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan dan motivasi kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Proposal yang  diberikan kepada karyawan harus terus meningkatkan kualitas kerja dengan baik, dan manajer harus memotivasi karyawan ke level yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji.2003. Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

A. Shadare, Oluyesi dan Hamed T, Ayo.2009. Influence of Work Motivation,LeadershipEffectiveness and Time Management on Employees Performancein Some Selected Industries in Ibadan, Oyo State, Nigeria. European Journalof Economics, Finance and Administrative Sciences. ISSN 1450-2275 Issue 16

Brahmasari, Ida Ayu dan Suprayetno,Agus.2008. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Universitas 17 Agustus Surabaya,Vol.10, No.2,September 2008:124-135.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Hasibuan, Malayu SP. 2003. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

__________________. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko T. Hani. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

_____________.2001. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Mangkunegara, Anwar P 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert L dan Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen, P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta : Erlangga.

________________. 1998. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, aplikasi. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi aksara.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.

Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).

Slamet, Achmad. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Unnes Press.

Sudarmanto.2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, Ambar T. dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wahjosumidjo. 1991. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

2021-11-30

Most read articles by the same author(s)