PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTANADI
Keywords:
Strategi Pemasaran, Pelayanan dan Kepuasan PelangganAbstract
Untuk menjawab rumusan masalah maka dilakukan uji hipotesis pada variabel strategi pemasaran diperoleh nilai t hitung 2,145 dan nilai variable pelayanan nilai t hitung 9,753 lebih besar nilai t tabel sebesar 1.98498 berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh strategi pemasaran dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial. Hasil pengujian menunjukkan nilai F hitung 3,269 lebih besar nilai F tabel = 2.70 maka Ha diterima berarti bahwa secara bersama-sama strategi pemasaran dan pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Hasil perhitungan koefisien determinasi R Square yang diperoleh sebesar 0,066. Hal ini berarti 6,6% kepuasan pelanggan ditentukan oleh strategi pemasaran pelayanan sedangkan sisanya sebesar 93,4% dipengaruhi oleh variabel lain
Downloads
References
Adhi, IA., Endang, MG., Shanti, P., 2016, Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung, Survei pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.30 No.1 Januari 2016.
Agus Sulastiyono, 2002, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Edisi Pertama,. Bandung, CV Alfabeta
Sofjan Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakart
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat,
r tabel 0.198
Maziyah, F. 2015 Hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, (1, 13, 16). Bisa diakses di: http://etheses.uin-malang.ac.id/1243/
Palmatier, R. W., & Sridhar, S. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. London, United Kingdom: Macmillan International Higher Education.
Tia Artika, Olivia S. Nelwan2018. Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Capital IndonesiaTbk Cabang Wisma Kodel. JEMI: Jurnal STEI Ekonomi, Vol. 27 No. 01 (Juni, 2018)
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Edisi Pert. Malang: Bayu Media Publishing