PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018

Authors

  • Rolita C. Purba Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Budianto Budianto Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ernita Siagian Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Tatakelola Perusahaan, Kinerja Keuangan Perusahaan

Abstract

Pelaku pasar modal menggunakan informasi laporan keuangan sebagai tolak-ukur atau pedoman dalam melakukan transaksi jual-beli saham di suatu perusahaan karena laporan keuangan tersebut merupakan cerminan dari kinerja keuangan perusahaan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tatakelola perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, jumlah sampel akhir sebanyak 30 perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Metodeanalisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana data panel menggunakan SPSS 24.00. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tatakelola perusahaan idak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Disarankan kepada penelitian selanjutnya jika ingin menindaklanjuti mengenai tatakelola perusahaan dan kinerja keuangan perusahaan atau dengan topic penelitian sejenis dapat diharapkan menambahkan variable lain, seperti variabel kepemilikan institusional. Bagi investor yang akan menanamkan modalnya di perusahaan industri dasar dan kimia hendaknya menjadikan laporan keuangan yang menjadi citra kinerja keuangan perusahaan sebagai acuan dalam mengambil keputusan..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R.C. (2019). Pengaruh DAR, DER Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Farmasi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, E-ISSN: 2598-9618, 1-19
Astuti, M.P. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Studi Pada Perusahaan Public Tahun 2009-2017. Seminar Nasional UNRIYO, 1181-192.
Brigham, E.F. & Houtson, J.F. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit.
Hanafi, M. M & Abdul, H. (2017). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.
Haruman, T. (2008). “Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Keputusan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
Hery, (2018). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Lestari, P. (2019). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Industri Tekstildan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. I-FINANCE, No, 5 Vol. 2, 153-164
Like, M.W. (2016), “Pengaruh Praktek Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di BEI”, Junal Manajemen, Vol. 1, No. 1.
Listyani, T.T. (2016). Kepemilikan Manajerial dan Pengaruhnya Terhadap Kepemilikan Saham Institusional. Jurnal Politeknik Negeri Semarang, 3.
Kasmir, (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Munawir, S. (2016). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan ke-15). Yogyakarta: Liberty.
Murhadi, W.R. (2015). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi Dan Valuasi Saham. Jakarta. Salemba Empat.
Organization for Economic Cooperation and Development. (2012). OECD Principles of Corporate Governance 2004. The OECD Paris.
Rachman, R.A. (2014) Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Artikrl Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.
Sarwono, J. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta. :Graha Ilmu
Sedarmayanti. (2016). Good Governance “Kepemerintahan yang Baik. Bagian Kedua Edisi Revisi. CV Mandar Maju. Bandung
Sugiarto, Melanie. (2016). “Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Intervening”. Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol. 3 No. I, 1-15.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Supatmi. (2007) “Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan”. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi. Vol. 14. Pp 186
Sutedi, A. (2011). “Good Corporate Governance”. Ed. 1, Cet. 1
Syamsuddin, L. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rajawali Pers
Wardayati, S.M. (2011). Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Mei 2011.
Windah, G.C. (2013) Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Hasil Survei The Indonesian Institute Perception Governance (Iicg) Periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1, 1-20.

Downloads

Published

2021-11-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>