PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KENYAMANAN PELANGGAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA MEDAN

Authors

  • Ernita Siagian Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Marupa Siregar Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kenyamanan Pelanggan

Abstract

terhadap kenyamanan pelanggan pada Kantor Samsat Kota Medan.  Dengan menggunakan pengujian diperoleh variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung 2,926 lebih besar nilai t tabel sebesar 1.98422. Dengan menggunakan pengujian diperoleh variabel fasilitas diperoleh nilai t hitung 5,472 lebih besar nilai t tabel sebesar 1. Hasil pengujian menunjukkan nilai F hitung 45,919 lebih besar nilai F tabel = 2.70.  Supaya para pelanggan menikmati kenyamanan diperlukan penambahan fasilitas secara online yang bisa diakses oleh pelanggan dari rumah melalui vasilitas internet.  Pelangan dengan segala keterbatasan bisa bekerjasama dengan pihak lembaga terkait seperti kantor pos dan indomaret sebagai tempat tambahan dalam penyediaan tempat pembayaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, I., 2005, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS. Edisi Kelima, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakart

Lamb, CW., Joseph F., Hair Carl McD., 2006, Pemasaran, Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2014). Manajmen Pemasaran Jasa. Jakarta. Selatan: Slemba Empat.

Nirwana (2004), Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa, Penerbit Dioma, Malang

Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sekaran, U., 2011, Metode Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Simamora, B., 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Edisi ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono., 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Alfabeta, Bandung

Swastha, B. Handoko, H., 2011, Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta

Downloads

Published

2020-05-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>