Penggunaan Sarana Penelusuran Informasi Online Public Access Catalogue (OPAC) di Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Authors

  • Diana Maulida Zakiah Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Fithria Rizka Sirait Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ernita Siagian Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Perpustakaan sebagai sumber informasi yang menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka harus dapat menyediakan sarana penelusuran informasi yang memudahkan pengguna. Kemudahan penggunaan berdampak pada rasa puas yang dirasakan pengguna. Sarana penelusuran informasi di perpustakaan yakni online public access catalogue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan sarana penelusuran informasi online access public catalogue. Penelitian ini menggunakan model End User Computing Satisfaction dengan dimensi content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik wawancara terhadap 9 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan OPAC di Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia sudah baik, pengguna dapat dengan mudah dan cepat mengoperasikan OPAC untuk pencarian koleksi yang dibutuhkan, kesesuaian informasi yang ada pada OPAC dan jajaran rak sudah cukup baik, namun diperlukan update data sehingga informasi yang ditampilkan OPAC dapat lebih maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doll, William J., dan Gholamreza Torkzadeh. 1998. The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12 (2), 259-274.

Effendi, Maizuar. 2014. Peran Pustakawan Perguruan Tinggi Sebagai Pusat Pelayanan Jasa Informasi. Padang: Perpustakaan Universitas Negeri Padang.

Irfan, Ahmad dan Silih Si Fitria. 2018. Peranan Perpustakaan dalam Menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Al Maktabah: Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan, 3 (2), 61-67.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Diakses dari https://kbbi.web.id/telusur.

Kurniawan, Roni. 2013. Persepsi Pemustaka Pada Layanan Penelusuran Informasi Melalui Online Public Access Catalogue (OPAC) di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi Semarang”. Semarang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Kusmayadi, E., dan E. Andrianty 2006. Kajian Online Public Access Catalogue (OPAC) dalam Pelayanan Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 15 (2), 51-58.

Reitz, Joan M. 2004. Dictionary for Library and Information Science. London: Libraries Multimed.

Ridwan, Taufik. 2011. Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Depok: Universitas Indonesia.

Saleh, Abdul Rahman dan B. Mustafa. 1992. Penggunaan Komputer Untuk Pelayanan Informasi di Perpustakaan. Jakarta: Keisant Blanc.

Setiarso, Bambang. 1997. Penerapan Teknologi Informasi Dalam Sistem Dokumentasi dan Perpustakaan. Jakarta: Grasindo.

Shiv, Kumar. 2012. Impact of Internet Search Engine on OPAC Users: A Study of Punjabi University, Patiala (India). Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ965510.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.

Supriyanto. 2006. Aksestuansi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta: Sagung Seto.

Suwarno, Wiji. 2016. Organisasi Informasi Perpustakaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tedd, Lucy A. 1993. An Introduction to Computer Based Library Systems. Chichester: Jhon Willey & Sons.

Downloads

Published

2022-11-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>