PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018

Authors

  • Owen De Pinto Simanjuntak Program Studi Akuntansi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Heri Enjang Syahputra Program Studi Akuntansi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Roberto Roy Purba Program Studi Manajemen, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance dan Penghindaran Pajak

Abstract

Adanya perbedaan kepentingan antara negara dan perusahaan sebagai wajib pajak menyebabkan perusahaan melakukan pengurangan beban pajak baik secara legal yaitu dengan penghindaran pajak (Tax Avoidance) atau pun secara tidak legal yaitu penggelapan pajak (Tax Evasion), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan Good Corporate Governance terhadap penghindaran pajak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, jumlah sampel akhir sebanyak 19 perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda data panel menggunakan SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kinerja keuangan dan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak dan secara parsial kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak sedangkan secara parsial Good Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Disarankan kepada penelitian selanjutnya jika ingin menindak lanjuti mengenai kinerja keuangan, Good Corporate Governance dan penghindaran pajak atau dengan topic penelitian sejenis dapat diharapkan menambahkan variabel lain, seperti variabel Leverage dan ukuran perusahaan. Pihak manajemen diharapkan agar mampu mengelola seluruh total asetnya dan seluruh ekuitas yang dimilikinya serta meminimalisir beban pajaknya setiap tahunnya agar laba yang di peroleh perusahaan agar semakin meningkat setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitya.2018. Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kinerja Keuangan Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Corporate Sosial Responsibility Sebagai Pemediasi.Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis. Universitas Trisakti.

Agung, Wilopo, Yusri. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak.Jurnal Perpajakan (JEJAK). Universitas Brawijaya.

Ardyansyah, D. 2014. “Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity, Ratio, dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (ETR)”. Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal.

Derashid, C., 7 & Zhan, H. (2006). Effective Tax Rate And The “Industrial Policy” Hypotesis: Evidence From Malaysia. Journal Of International Accounting And Taxation, 45-62.

Dita.2018. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia.Fadhilah.2014. "Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011)". Jurnal Akuntansi.Vol. 2, No. 1.

Elsiana. 2017. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Pertambangan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Emi. 2019. Pengaruh Pajak, Tax Minimization dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Gozali. 2013. Uji Normalitas. Diambil dari http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab3/Bab%2031080.Pdf.ac.id.Diakses 19 Mei 2020.

Hadi, J., dan Y. Mangoting. 2015. Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Karakteristik Dewan terhadap Agresivitas Pajak.Tax & Accounting Review.Vol. 4, No. 2.

Hanggi, Susi. 2019. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Kulitas Audit terhadap Tax Avoidance dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi.Jurnal Akuntansi Trisakti. Universitas Trisakti.

Juwita. 2018. Pengaruh Keuangan Perusahaan Terhadap Penghindara Pajak Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Busa Efek. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Medan Area.

Kasmir. 2009. Pengantar Manajemen Keuangan. Kencana; Jakarta.

Kurniasih, T., dan M. M. R. Sari.2013. Pengaruh Return on Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Kompensasi Rugi Fiskal Pada Tax Avoidance.Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, No. 1, hlm: 58-66.

Masyhuri dan Zainuddin,M. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Maharani, I., & Suardana, K. A. (2014). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, dan Karakteristik Eksekutif pada Tax Avoidance Perusahaan Manufaktur. Ejurnal Akuntansi Universitass Udayana, 9(2),525-539.

Mustikawati, Novi. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surakarta” Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal.

Ngadiman, dan C. Puspitasari. 2014. Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010- 2012. Jurnal Akuntansi. Vol. 18, No. 3, hlm: 408-421.

Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty; Yogyakarta

Sabli, Nurshamimi dan Rohaya Md Noor. 2012. Tax Planning and Corporate Governance. 3rd International Corference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceading, Bandung, Indonesia.

Saputra, M. D. R. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.Vol. 6, No. 8.

Sari, E. P., L. Handajani, dan A. Saiful. 2016. Corporate Governance dan Relevansi Nilai Dari Penghindaran Pajak: Bukti Empiris Dari Pasar Modal Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis. Vol. 3, No. 2, hlm: 33-48.

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Aplikasih. BPFE; Yogyakarta.

Sudani, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Penerbin Erlangga; Jakarta.

Sanusi. 2011. Dasar-dasar Statistika. http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id. Diakses 2 Jini 2020.

Sedarmayanti.2017. Sumber Daya Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja.Diambil dari http://repository.unpas.ac.id.Diakses 19 Mei 2020.

Supriyanto.2014. Strategi Pengelolaan dan Pengadaan Material untuk Perusahaan Manufaktur.Diambil dari http://openlibrary.ac.id.Diakses 18 Mei 2020.

Downloads

Published

2021-08-04

Most read articles by the same author(s)