PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN TAMU MENGINAP PADA HOTEL BUMI MALAYA MEDAN
Keywords:
Kualaitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan MenginapAbstract
Untuk menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terahdap keputusan tamu menginap maka dilakukan pengumpulan data. Dengan menggunakan pengujian diperoleh variable kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung 4.719 lebih besar nilai t tabel sebesar 2.62802. Dengan menggunakan pengujian diperoleh variable fasilitas nilai t hitung 3.592 lebih besar nilai t tabel sebesar 2.62802. Hasil pengujian menunjukkan nilai F hitung 22.162 lebih besar nilai F tabel = 2.70. Hasil perhitungan koefisien determinasi R Square yang diperoleh sebesar 0,310 berarti kepuasan tamu menginap ditentukan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Y = 3.666+ 0,437X1+ 0,344X2. Nilai konstanta 3.666 artinya kepuasan menginap sebesar 36,66% jika kepuasan pelayanan dan fasilitas sama dengan nol. Nilai koefisien regresi kualits pelayanan 0,437 kepuasan menginap naik dan variabel lainnya tetap akibat kenaikan kualitas pelayanan sebesar 0,437. Nilai koefisien regresi fasilitas sebesar 0,344 artinya kepuasan menginap akan naik dan variabel lainnya tetap akibat kenaikan fasilitas sebesar 0,344%.
Downloads
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok
Donni, J. &. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I., 2005, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS. Edisi Kelima, Universitas Diponegoro, Semarang.
Kotler, &. A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori. Dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat
Setiadi. N, J., 2015, Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Preanadamedia Groub, Jakarta.
Adhi, IA., Endang, MG., Shanti, P., 2016, Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Efnita. (2014). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Publisher
Gaspersz. 2017. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta
Indrasari, 2011, Manajemen Pemasaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Irawan, Handi. 2002. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media
Kotler & Keller., 2007, Riset Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Kotler dalam fandy Tjiptono (2018).dimensi kepuasan pelanggan.faktor-faktor kepuasan dimensi pelanggan
Kotler, P dan Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Lovelock, C., & Wirtz, J., 2016, Services Marketing: People, Technology, Strategy. United States: World Scientific Publishing Company.
Lupiyoadi, R., 2014, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Palenewen, 2014, Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Edisi 9, Salemba Empat, Jakarta.
Pujawan, I. Nyoman. 2010. Supply Chain Management. Edisi kedua. Guna Widya. Surabaya.
Soemitro, Aryani., 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono.2018.Metode Penelitian Bisnis.Bandung.Penerbit Alfabeta
Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggara Hotel. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono & Chandra, 2016, Manajemen Pemasaran Edisi 13, Erlangga, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa. Penerbit, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta
Tjiptono,Fandy., 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13, Erlangga, Jakarta
Tjiptono. (2010). Konsep pemasaran . Malang: Bayumedia Publishing.