Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja

Authors

  • Mega Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Noyanta Luga Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Rachel Mia L. Lumbantoruan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Hindi Agus Mardin Laia Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Epifania Buulolo Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia

Abstract

Virtual communication is communication that uses media and internet networks, where this communication does not require meeting directly or face to face with the person you are talking to. Teenagers use a lot of virtual communication to communicate with their friends via social media such as Instagram. The aim of this research is to find out how virtual communication is carried out by teenagers and to find out the use of each feature on Instagram as a communication tool. This research uses New Media theory as a basis for writing this thesis. The informants in this study were 5 people. The results of this research are that virtual communication carried out by teenagers plays a very important role in communicating in the current era, because there are still many teenagers who use virtual communication when communicating. Virtual communication on Instagram media has many features for communicating which means teenagers can choose to communicate virtually via any feature. The research method uses qualitative with data collection using interviews and documentation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Syarwani & Harapan, Edi, 2014. Komunikasi antapribadi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Andreas Kaplan dan Michael HaenLein. 2014. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakary: Bandung.

Denis McQuail. 2011. Teori Komunikasi Masa McQuail,Edisi 6 buku 1. Jakarta: Selemba Humanika

Danis Puntoadi. 2011. Meningkatkan Penjualanan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dr. Yasir. 2020. M.Si. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depublish.

Dr. Poppy Ruliana, Dra., M.Si. 2017. Komunikasi Organisasi Teori Studi Kasus. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Dwi Atmoko, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita: Jakarta.

Ginting, S., & Gari, H. (2020). Pengaruh Talkshow Mata Najwa Terhadap Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia Tahun 2020. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 2(1), 176-181.

Ginting, S., & Manao, E. H. (2020). Hubungan Persepsi Dengan Minat Menonton Program Talkshow Kick Andy Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial USM-Indonesia: Studi Korelasional Tentang Hubungan Persepsi dengan Minat Menonton Talkshow Kick Andy di Metro TV Pada Mahasiswa FEIS USM-Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 2(2), 255-261.

Ginting, S. (2021). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(1), 419-427.

Ginting, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Sejati Rezeki. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 397-403.

Ginting, S., & Harefa, M. (2022). Strategi Komunikasi Bidang Metrologi Terhadap Peningkatkan Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Di SPBU Kota Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 462-470.

Harefa, H. S. A., Sari, S. N., & Hia, N. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Hoax Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 123-138.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., & Laia, M. N. I. (2022). Dampak Komunikasi Virtual Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Lahusa Kelas XI. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 172-178.

Hia, N., Sarah, E. M., & Napitupulu, E. E. (2022). Pelatihan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Di Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 130-134.

Hia, N., Napitupulu, E. E., & Daeli, M. M. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Podcast Medan Orbit Melalui Tema Podcast 100 Hari Kinerja Walikota Medan. Jurnal Visi Komunikasi/Volume, 21(02), 231-238.

Hia, N., Sarah, E. M., & Naibaho, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Anak di SMA Katolik Mariana Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(2), 270-275.

Hia, N., Sarah, E. M., & Marpaung, R. (2023). Sosialisasi Undang–Udang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Pemanfaatan Media Sosial di Kalangan Muda Mudi HKBP Rogate Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 21-25.

Hia, N., Sarah, E. M., & Marpaung, R. (2023). Sosialisasi Undang–Udang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Pemanfaatan Media Sosial di Kalangan Muda Mudi HKBP Rogate Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 21-25.

Joseph Devito A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group : Pamulang-Tangerang Selatan.

Kinick. A., R. Kreitner .2010. Organizational Behavior. MeGraw-Hill: New York.

Leech. G. 2014. The Pragmatic of Politness. Oxford University Press: New York.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

Napitupulu, Evi Enitari. (2020) Revitalisasi Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Samosir Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Napitupulu, E. E. (2015). Komunikasi Simbolik Ulos Pada Pernikahan Adat Batak Toba (Studi Interaksionisme Simbolik Ulos Pada Penikahan Adat Batak Toba Di Sumatera Utara) (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana).

Napitupulu, E. E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Kemasanterhadap Minat Beli Produk Mabruschetta. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 425-432.

Napitupulu, E. E. (2022). Pengaruh Aplikasi My Telkomsel Terhadap Pemenuhan Internet Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 477-480.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Jeko, (2018). “Instagram kantongi 1 miliar pengguna diseluruh dunia”. https://www.liputan6.com/tekno/read/3564956/instagram-kantongi-1-miliar- pengguna-di-seluruh-dunia. Diakses pada 02 November 2018.

Novi Hardita Larasati, “Pengertian Remaja Menurut Para Ahli dan WHO”, https://www.diadona.id/family/pengertian-remaja-menurut-para-ahli-dan-who- 200530i.html. Diakses pada 30 Mei 2020.

Kominfo, “Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang”.

Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). Gaya Komunikasi Pustakawan Pada Pengguna Pada Taman Bacaan Masyarakan Literasi Sosial. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(1), 191-201.

Sihombing, M. U. S., & Famaugu, N. (2020). Minat Jurnalis Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumatera Utara Dalam Meliput Berita Aktual Sumut Dalam Berita. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(1), 182-187.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru Di Smp Markus Medan). Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 261-270.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru Di Smp Markus Medan). Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 261-270.

Sihombing, M. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Meet Dalam Proses Belajar Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 404-410.

Sihombing, M. U. S., & Telaumbanua, D. (2022). Pengaruh Komunikasi Virtual Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 70-77.

Simamora, N., & Bago, H. (2020). Persepsi Pembaca Terhadap Surat Kabar Jurnal Asia Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(1), 188-194.

Simamora, N., & Zebua, A. (2020). Peranan Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumatera Utara Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Lokal Pada Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Kota Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(2), 262-267.

Simamora, N., & Saragih, F. V. J. (2021). Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 271-279.

Simamora, N. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Yayasan Mitra Sauri Utama Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(1), 448-453.

Simamora, N. (2021). Pengaruh Tayangan Iklan Program Adsense Pada Channel Youtube Deddy Corbuzier Terhadap Minat Menonton Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(2), 411-417.

Toruan, R. M. L. L., Asmara, S., & Zulkarnain, I. (2022). Effectiveness of Ruangguru Application as Communication Medium in Online Tutoring among HighSchool Students in Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 899-908.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.

https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker.

Downloads

Published

2023-05-31

Most read articles by the same author(s)