STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN

Authors

  • Mega Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Strategi komunikasi, Pemerintah, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan

Abstract

Dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya suatu program pembangunan. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan dukungan komunitas dan mengupayakan kehadirannya bila memungkinkan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  strategi komunikasi yang diterapkan oleh  pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah adalah pengirim (komunikasi), pesan (message), saluran (media), penerima (komunikator) . ) dan perkembangan pemantauan pembangunan  partisipatif dan faktor-faktor yang mempengaruhi termasuk komunikasi pembangunan. Mengenai tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan  dilakukan dalam bentuk partisipasi fisik dan non fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson JE. 1960. Public Finance: Principles and Policy. Houghton Mifflin: Boston.

Dauda, Carol L. 2004. The Importance of De Facto Decentralization in Primary Education in Sub-Saharan Africa PTAs and Local Accountability in Uganda.

Agus. 2015. Peran Komunikasi Badan Kesbangpol dalam Pembinaan Umat Melalui Forum Kerukunnan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Maros. Journal of Planning Education and Research UNHAS. Makassar.

Arifin, anwar. 1994. Strategi Komunikasi. CV Amrico. Bandung Anderson, E, K. 1992. Introduction and Communication Theory and Practice. Cummings Publishing Company Menlo Park.

Bahfiarti, Tuti. 2012. Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Bandura, Albert. 1997. Aggression: A Sosial Learning Analysis. Englewood Prentice Hall. New York.

California. Atkinson, 1994. An Introduction to Motivation. D. Van Nostrand Company, Inc, New York. Depari, Eduard and Mc Andrew, Collin. 1991. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Curtis, Daw B., et.al., 2016. Komunikasi Bisnis dan Professional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Effendy, Onong Uchajana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Eggen, P, dan Kauchak, D. 1997. Educational Psychology. Prentice Hall Inc.United Stated, Handoko, T.

Hani. 2002. Manajemen. BPFE. Yogyakarta. Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga. Yogyakarta.

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(1), 191-201.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.

Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).

Sherwyn P. Morreale Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge. 2007. Human Communication : Motivation, Knowledge and slalls.

Siswanto H.B. 2011. Pengantar Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Robbins, James G. dan Janes, Barbara S. 1986. Komunikasi Yang Efektif, Untuk Pemempin, Pejabat Dan Usahawan. CV. Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.

West, Richard & Turner, Lynn, H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi, Edisi Ketiga. Salemba Humanika. Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-03