PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DAN GOOGLE MEET DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mega Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Daring, Zoom Meeting, Google Meet, Keaktifan Siswa

Abstract

Pembelajaran daring adalah metode pembelajaran yang  tidak mewujudkan belajar mengajar  secara tatap muka, melainkan menggunakan media informasi daring dengan alat komunikasi seperti handphone, laptop remote control. Pembelajaran online dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi meeting Zoom dan Google Meet. Zoom meeting dan Google Meet adalah aplikasi konferensi video  yang  menghubungkan banyak orang ke ruang web yang sama dan dapat berkomunikasi serta melihat satu sama lain secara virtual. Pembelajaran melalui Zoom meeting dan Google Meet dapat mempengaruhi performa siswa saat belajar online. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana Zoom meeting dan Google Meet dapat digunakan dalam proses pembelajaran online (2) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran online dengan Zoom meeting dan Google Meet Bertemu dapat meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan  pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan. dan Proses Pembelajaran, “Sosial Dan Budaya Syar-I”. Vol. 7. No. 5.

Anugrahana Andri. 2020. Hambatan Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10. No. 3.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Djamarah,

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimiyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hadi Sutrisno. 2002. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi.

Handarini Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Studi From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Vol. 8. No. 3.

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Kusrini, Siti dkk. 2006. Keteramplan Dasar Belajar (PPLI) Berorientasi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2006, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universutas Islam Negeri (UIN) Malang.

Kuntarto E. Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, (Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1).

Latjuba, Abdul Rozak. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Vol. 6. No.1.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdkarya.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maimun, Agus dan Agus Zaenal Fikri. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN-Maliki Press.

Mantra, Ida Bagus. 2008. Filsafat penelitian & Metode Penelitian Sosial. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Marzuki. 2000. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII.

Marno dan Muh. Idris. 2010. Strategi Dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif Dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media..

Moloeng, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Malyana Andasia. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Belitung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 2. No. 1.

Munir. 2012. Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta. Munir. Pembelajaran Jarak Jauh (Berbasis…)

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Nengrum Thityn Ayu, Dkk. 2021. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan. Vol. 30. No. 1.

Nurrita Terri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Vol. 03. No. 01

Rahayu, Iin Tri dan Tristiadi Ardi Ardani. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang: Bayu Media.

Rijali Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadrah. Vol. 17. No. 33. Rumidi. 2004. Metode Penelitian Petunjuk Praktikum Untuk Peneliti Pemula, (Gadjah Mada University Press. Rusman, Deni Kurniawan, & Cepi Riana. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(1), 191-201.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.

Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).

Silalahi, Ulber. 2008. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama. Sofyana

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Bandung. Suhery,

Trimadi Jaya Putra, & Jasmalinda. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1. No. 3. 81

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulthon, M. dan Moh. Khusnuridlo. 2006. Manajemen Pondok Pesantren dalam Prespektif Gslobal. Yogyakarta: PRESSindo.

Susilo, Adityo, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. “Jurnal Penyakit Dalam Indonesia”. Vol. 7. No. 1. Surat Edaran Pemerintah. Pedoman Pnyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), (Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia). Nomor 15 Tahun 2020.

Warsita Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh: Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet. Pertama.

Yamin Martinus. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi. Jakarta: Gunung Persada Press. Yuliana. Corona virus disease (Covid-19); Sebuah tinjauan literasi. Jurnal “Wellness And Heathy Magazine. 2(1).

Downloads

Published

2021-11-30