SISTEM MANDIRI PELAYANAN BERKAS PADA KANTOR KEPALA DESA SIBADIHON

Authors

  • Benni Alfredo Sirait Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Alexander F.K. Sibero* Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Burhanuddin Damanik Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Dini M. Hutagalung Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Keywords:

Pelayanan, Mandiri, Berkas, Penduduk

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan yang begitu pesat, ditandai dengan banyaknya kemunculan alat telekomunikasi yang canggih dan mempermudah akses seperti telepon seluler pintar, televisi pintar, dan lain sebagainya. Kecanggihan teknologi ditandai dengan banyaknya integrasi sistem yang dapat dilakukan dalam satu perangkat. Sistem informasi mampu menggantikan aktifitas tradisional yang kerap dianggap lambat dan terkadang tidak menyelesaikan masalah. Penggunaan system informasi mengalami perkembangan dengan adanya teknologi telepon pintar, sehingga semua kegiatan dapat diakses didalam genggaman. Covid-19 menjadi salah satu pemicu penelitian. Anjuran pemerintah yang mengharuskan untuk menghindari tatap muka memaksa timbulnya ide untu membangun sistem informasi yang dapat menyentuh warga melalui teknologi tanpa harus berkunjung. Sistem layanan mandiri solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini memberikan alternatif pengurusan berkas atau dokumen yang langsung dapat diterima didalam perangkat telepon pintar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kepuasan masyarakat sebagai pengguna sistem dengan adanya prosesnya mandiri pengurusan berkas, menghemat waktu dalam pengajuan surat keterangan, dan menciptakan birokrasi sederhana di desa sibadihon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Priyadi D.A, Lestari E.W, 2018, Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat
Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop, Jurnal Teknologi komputer, Vol. IV, Hal.84.
Kurniati R, Jaroji, Agustiawan, 2018, Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web, Jurnal Inovtek Polbeng – Seri Informatika, Vol. III, Hal. 16-17. Rini E.M,
Panduardi F, Romansah F, 2016, Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Desa Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi Berbasis Web, Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Vol. IV, Hal.147.
Ningrum T.H, Umar M.K.G,Subhan, 2020, Sistem Informasi Penerimaan Berkas Badan Usaha Jasa Konstruksi pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Maluku Utara, Jurnal Ilmiah Ilkominfo, Vol. III, Hal. 46. Sugiman, 2018, Pemerintahan Desa, Binamulia Hukum, Vol. VII, Hal. 84.
Puspitasari D, 2016, Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol XII, Hal. 229.

Downloads

Published

2022-02-17

Most read articles by the same author(s)