RANCANG BANGUN SISTEM PUBLIKASI REALISASI ANGGARAN DESA BERBASIS WEB PADA DESA HILORAHUA KECAMATAN SUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN

Authors

  • Linusman Laia Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Saint dan Teknologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Immanuel H G Manurung* Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Saint dan Teknologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Burhanuddin Damanik Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Saint dan Teknologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Harold Situmorang Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Saint dan Teknologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

komputerisasi, alokasi dana, website

Abstract

Komputerisasi untuk layanan publikasi anggaran desa khususnya Alokasi Penggunaan Dana Desa pada instansi pemerintahan desa saat ini sangat dibutuhkan, namun tidak semua instansi pemerintah desa menggunakan komputerisasi dalam penyediaan layanan informasi, melainkan masih banyak yang menerapkan sistem manual terlebih pada layanan informasi terkait dengan realisasi Alokasi Penggunaan Dana Desa. Berdasarkan bagan alur sistem yang berjalan, maka dapat dilakukan pengembangan sistem dengan membangun sebuah web publikasi perencanaan dan realisasi anggaran untuk memudahkan dan bentuk transparansi secara universal dalam penyajian informasi mengenai Desa Hiliorahua Kecamatan Susua Kabupaten Nias Selatan, sehingga perlu disimpulkan rancangan sistem yang diusulkan. Kesimpulan dari penulisan tugas akhir ini tentang perancangan web publikasi perencanaan dan realisasi anggaran Desa Hiliorahua Kecamatan Susua Kbupaten Nias Selatan  sebagai berikut Masyarakat lebih mudah ketika ingin mengetahui informasi seputar Desa Hiliorahua baik itu tentang realisasi anggara desa dengan mengakses alamat website Desa Hiliorahua. Website yang di buat untuk seorang admin atau staff Desa sangat memudahkan untuk mempublikasikan berita atau informasi , dan realisasi anggaran tentang Desa Hiliorahua kepada pemerintah jajaran yang lebih tinggi dan masyarakat. Website ini dirancang sedemikian menarik sehingga mempermudah untuk memperluas profil desa dalam menyampaikan informasi. Website yang dirancang ini digunakan bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami. Adanya website ini pengunjung bisa mendapatkan informasi, pengumuman dan berita mengenai Desa Hiliorahua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Timotius, Richard. "Revitalisasi Desa Dalam Konstelasi Desentralisasi Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa." Jurnal Hukum & Pembangunan 48.2 (2018): 323-344.
Wardani, F. A.,& Rahman, W. (2019) Rancang Bangun Sistem Publikasi Realisasi Anggaran Desa Berbasis Web. Sistem Informasi.
Ramdhani, F. I. (2019). Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Uraso Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Pakpahan, S., & Halawa, A. F. A. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Hilizoliga Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 5(1), 109-117.
Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1) (Edisi 7) (Alih Bahasa). Yogyakarta: Andi Offset.
Situmorang Harold. 2019. Sistem ISTEM Informasi NFORMASI Pengelolahan Data Alumni Berbasis Web (Studi Pada Fakultas Sain, Teknologi Dan Informasi) Universitas Sari Mutiara Indonesia. Medan.
Sunarfrihantono, Bimo, S.T. (2002). PHP dan MySQL untuk Web . Yogyakarta: Penerbit Andi.
Supriyanto, Aji. (2005). P e n g a n t a r T e k n olo gi I n f o r m a si . Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.
Sutarman, S.Kom, M.Kom. (2009). Pengantar Teknologi Informasi . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tim Bootstrap. (2013). Bootstrap . Diakses dari http://getbootstrap.com/gettingstarted. Pada tanggal 3 Desember 2013, Jam 11.15 WIB.
Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website ( Studi Kasus Desa Netpala ).
Hardiyanti, H. (2021). Pemanfaatan Alokasi Dana Desa Dalam Perspektif Pembangunan Manusia (Suatu Studi Di Desa Talumae Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Septianingsih, P. (2021). Analisis Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Desa Cibitung Wetan). Neraca Keuangan: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 16(1), 12-18.
Bahri, S. Y., & Masbullah, M. (2021). Evaluasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Menunjang Pembangunan Pedesaan Oleh Pemerintah Desa Sakra Selatan. Jurnal Mentari Publika, 1(2), 104-118.

Downloads

Published

2022-02-17

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>