PENERAPAN METODE AHP SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KELURAHAN HELVETIA TENGAH MEDAN

Authors

  • Sriwahyuni Sigalingging Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Burhanuddin Damanik Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Dini M Hutagalung Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Immanuel H G Manurung Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Program Keluarga Harapan

Abstract

Program Keluarga Harapan adalah Program yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada Rumah Tangga Sangat Miskin yang telah ditetapkan sebagai peserta. Untuk memperolehnya harus memenuhi persyaratan dan komitmen yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, yaitu Keadaan Sosial dan Ekonomi. Berdasarkan masalah tersebut maka metode Analitycal Hierarchy Process digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk penentuan warga dengan mempertimbangkan aspek-aspek penentuan yang telah ditentukan oleh pihak Kelurahan tersebut. Adapun aspek-aspek penentuan yang menjadi dasar penentuan oleh pihak Kelurahan adalah Kondisi Rumah, Status Rumah, Penghasilan, Pekerjaan dan Jumlah Tanggungan. Dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process diharapkan dapat membantu pimpinan Kelurahan Helvetia Tengah Medan untuk melakukan proses penentuan warga sehingga lebih cepat dan efektif.dan menjadi referensi bagi mahasiswa untuk penelitian yang berhubungan dengan Pemerintahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin N, Ayu I, Sari P. Sistem Pendukung Keputusan (Dss) Penerima Bantuaprogram Keluarga Harapan (Pkh) Pada Desa Bangun Rejo Kec.Punduh Pidada Pesawaran Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp). J TAM ( Technol Accept Model ). 2015;5(2):66-72.

Connolly, T. , Begg,C.2010.Sistem Basis Data:pendekatan praktis untuk desain, implementasi, dan manajemen. Edisi ke-5. Amerika: person pendidikan.
Dewanto, J.I, dan Adhikara, A.MF., 2015, Sistem Penunjang Keputusan Investasi Saham dengan Metode SAW di Bursa Efek Jakarta, Skripsi, Teknik Informatika Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Ir. Yuni Sugiarti MK. Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Graha Ilmu. 2013:30-45.
Kadir, Abdul. 2008. Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta :
Andi.
Kristiyanti L, Sugiharto A, Wibawa HA. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengajar Les Privat Untuk Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode Ahp (Studi Kasus Lbb System Cerdas). J Masy Inform. 2013

Published

2020-05-18

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>