PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Heri Enjang Syahputra Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rosanna Purba Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Renika Hasibuan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Nilai Perusahaan, Perencanaan Pajak, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perencanaan pajak secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) pengaruh profitabilitas secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia, dan (3) Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Secara Simultan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama masa penelitian sebanyak 34 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas secara parsial mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perencanaan Pajak dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, P. (2011). Pengantar Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, C. (2017). Pengantar Perpajakan (Edisi 2). Mitra Wacana Media.

Dewanata, P. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Nilai Perusahaan.Vol. 18. Edisi ke 4. Semarang: E-Journal Universitas Diponegoro.

Fahmi. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta.

Ghazali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponerogo..

Kartini, R. D., & Apriwenni, P. (2017) Dampak Perencanaan Pajak, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. ISSN, 6(1), 47.

Kasmir. (2013). Jakarta. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–23. Universitas Negeri Padang.

Leonardus. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Institut Pertanian Bogor.

Lestari, F., & Rahmayanti, D. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Pertambangan Di BEI Tahun 2010-2014. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 24–40.

Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal EMBA, 6(3), 1108–1117.

Munawir. (2004). Analisis Laporan Keuangan. Liberty.

Mertha, Astini. (2015). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. E-Journal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Vol.3.

Ningsih, Nabila Utami. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. E-Journal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Vol.7.

Nofrita. (2013). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan
Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–23.

Supomo, Indriantoro. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Prasetyo. (2013). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Journal of Economics, 2, 1–20.

Purwohandoko. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. E-Journal Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Putra.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujoko. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Strategi Diversifikasi, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Dan Non Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 11(2),236

Wahab et al. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Utilitas dan Infrastruktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. E-Journal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti Vol.8.

Yuli. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan BOD Diversity Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. E-Journal Universitas Islam Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2022-02-14

Most read articles by the same author(s)