Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2018

Authors

  • Heri Enjang Syahputra Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Marliyoni Halawa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2015-2018, yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan diperoleh sebanyak 22 perusahaan. Penelitian ini menggunakan uji Regresi Linier Berganda untuk mengetahui pengaruh pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian diketahui keputusan investasi berpengaruh postif dan signifikan terhadap perusahaan, keputusan pendanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan secara simultan keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Adanya pengaruh positif menunjukkan semakin tinggi adanya keputusan investasi dan pendanaan yang dilakukan perusahaan akan menaikkan nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Iskandar Z. 2003. “Pasar Modal, Teori Dan Aplikasi”. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah..

Anggraini, FRR. 2006. “Pengungkapan Informasi Sosial Dan Faktor-Faktor YangMempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta)”. Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang, 23-26 Agustus.

Aryanto, Teguh Tri. 2015. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2015)”.

Brealey, R.A, Myers, S.C, Marcus, A.J. 2008. Dasar-dasar Manajemen KeuanganPerusahaan Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Haruman, Tendi. 2008. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Hermuningsih, Sri dan Wardani, Dewi Kusuma. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Malaysia Dan Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13 No. 2, Agustus : 173-183.

Hanafi, Mahmud. 2008. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

https://www.sahamok.com/emiten/sektor-bei/, Minggu 31 Mei 2020.

http://www.juruscuan.com, Kamis 28 Mei 2020.

Jensen, Michael C.Dan Meckling,William H. 1976. “Theory ofThe Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure”.Journal of Financial Economic 3 305-360.

Keown, A. J., Scott Jr, D. F., Marthin, J. D. dan Petty, J. W. 2000. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Alih Bahasa: Chaerul Djakman dan Dwi Sulistyorini. Jakarta: Salemba Empat.

Kusumastuti, Sari, Supatmi dan Satra, Perdana. 2007. “Pengaruh Board Diversity Terhadap Nilai Perusahaan Dalam Perspektif Corporate Governance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 9, No. 2, Nopember : 88-98.

Midiastuty, P. P., Suranta, E., Indriani, R., dan Elizabeth. 2009. Analisis Kebijakan Dividen: suatu Pengujian Dividend Signaling Theory dan Rent Extraction Hypothesis. Simposium Nasional Akuntansi 12 Palembang, 1-

Downloads

Published

2022-05-31