PENGARUH PAJAK, PROFITABILITAS, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

Authors

  • Heri Enjang Syahputra Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pajak, Profitabilitas, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pricing pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, didapatkan total sampel yang terkumpul sebanyak 30 data laporan keuangan periode 2016-2018 dari 10 sampel perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi, dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, dan mekanisme bonus tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuntansi USM-Indonesia. 2017. Panduan Penyusunan Skripsi Program Studi Akuntansi.http://akuntansi.sari-mutiara.ac.id/. Diakses 5 Februari 2020.
Anggraini, Ade. 2019. Pengaruh Beban Pajak, Intangible Asset, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus,dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Badan Pusat Statistik. 2020. Realisasi Pendapatan Negara, 2007-2020. Diambil dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/02/24/1286/realisasi-pendapatan-negara-milyar-rupiah-2007-2020.html. Diakses pada tanggal 20 Mei 2020.
Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Bursa Efek Indonesia. 2018. Laporan Keuangan dan Tahunan Perusahaan Tercatat. Diambil dari https://idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Diakses pada tanggal 29 April 2020.
Darussalam dan Danny Septriadi. 2013. Konsep dan Aplikasi Cross-Border Transfer Pricing Untuk Tujuan Perpajakan. Jakarta: Danny Darussalam Tax Center.
Deanti, Laksmita Rachma. 2017. Pengaruh Pajak, Intangible Asset, Leverage, Profitabilitas, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
DosenAkuntansi.com. 2016. Ruang Lingkup Akuntansi Secara Umum. Diambil dari https://dosenakuntansi.com/ruang-lingkup-akuntansi. Diakses pada tanggal 1 Juni 2020.
Hapsoro, Dito Tri. 2015. Pengaruh Pajak, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
Hartati, Winda, Desmiyawati, dan Nur Azlina. 2014. Analisis Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Listing di BEI). Simposium Nasional Akuntansi 17. Lombok: Universitas Mataram.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Klassen, Kenneth, Petro Lisowsky, and Devan Mescall. 2013. Transfer Pricing Strategies, Practices, and Tax Minimization. Journal of Tax Excecutive Institute (TEI).
Kurniawan, Anang Mury. 2015. Transfer Pricing untuk Kepentingan Pajak. Yogyakarta: Andi Ofset.
Lo, W. Y. A., Raymond, M.K W., and Micheal F. 2010. Tax, Financial Reporting, and Tunneling Incentives for Income Shifting: An Empirical Analysis of the Transfer Pricing behavior of Chinese-Listed Companies. Journal of the American Taxation Association. Vol. 32. No. 2.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Marfuah dan Andri Puren Noor Azizah. 2016. Pengaruh pajak, Tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan Transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Vol 18 (2): 156-165.
Pohan, Chairil Anwar. 2018. Pedoman Lengkap Pajak Internasional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pramana, Aviandika Heru. 2014. Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling incentive, dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Jurnal. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Rahmawati, Elma Yuniar. 2018. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing. Skripsi. Sidoarjo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Refgia, Thesa. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Universitas Riau.
Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: Refika Aditama.
SeputarPengetahuan.co.id. 2020. Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Bidangnya. Diambil dari https://www.seputar pengetahuan.co.id/2020/05/akuntansi.html. Diakses pada tanggal 1 Juni 2020.
Soetedjo, Rizky Drivina dan Jayengsari. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance, Kualitas Audit, Kompensasi Bonus, Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi 16. Manado
Suandy, Erly. 2014. Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Yuniasih, Ni Wayan, Ni Ketut Rasmini dan Made Gede Wirakusuma. 2012. Pengaruh Pajak dan Tunneling incentive pada Keputusan Transfer pricing. Simposium Nasional Akuntansi Vol 15.
__________.Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha Dalam Transaksi Antara Wajib Pajak Dengan Pihak Yang Mempunyai Hubungan Istimewa.
__________.Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 15 Tahun (Revisi 2013) tentang Investasi pada Entitas Asosiasi dan Ventura Bersama.
__________.Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 7 Tahun (Revisi 2013) tentang Pengungkapan Pihak-Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa.
__________.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
__________.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan (PPh).

Downloads

Published

2021-11-06