PENGARUH DISKON HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF SECARA ONLINE PADA PENGGUNA APLIKASI LAZADA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA)

Authors

  • Roberto Roy Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Irama Sarumah Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v7i2.5287

Keywords:

diskon harga, promosi, pembelian implusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan promosi terhadap  pembelian implusif pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh antara diskon harga dan promosi akan dianalisis secara parsial dan secara simultan terhadap pembelian implusif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner secara google form dengan teknik pengambilan sampel  purposive  sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa / I universitas sari mutiara indonesia yang menggunakan  aplikasi lazada berjumlah 70 orang. Metode analisis yang digunaka adalah uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Variabel Diskon Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Pembelian Implusif, Variabel Promosi berpengaruh secara signifikan  terhadap Pembelian Implusif, Variabel Diskon Harga dan Promosi berpengaruh secara signifikan  terhadap Pembelian Implusif. Nilai adjusted R square atau nilai koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa variabel Diskon Harga dan promosi dapat menjelaskan variabel Pembelian Implusif sebesar 35,8% sedangkan sisanya sebesar 64,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfabeta. Kasiram. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Carsana, Yudi dan David Kevin. 2020. Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki di PT. Arista Sukses Abadi Tanjung Pinang. Jurnal Manajerial dan Bisni. Vol 3, No 1.

Diba, Dira Sarah. 2013. Peranan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Samarinda. Psikoborneo. Vol 1, No 3.

Firmansyah, Anang. 2019. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Hurriyati, Rati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas. Bandung:

Lestari, Dewi. 2019. Pengaruh Price Discount dan Brand Awareness berpengaruh secara simultan terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen The Body Shop Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma

M. Fuad, Dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurlatifah, Yunita. 2017. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Produk Bedak Bayi MyBaby di Indokids Bandung. Skripsi. Bandung: Program Studi Manajemen Universitas BSI.

Rahayu, Denok Wahyudi Setyo. 2019. Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Jurnal Ilmu Ekonomi. Volume 12 Nomor 2.

Rizki Fauzi, M. 2018. Pengaruh Discount Price dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Impulse Buying For Custumer Pada PT. Matahari Departemen Store Mall Ratu Indah Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Swastha, Bayu. 2012. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sari, Aprilia Eka. 2014. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume XIII, No 1, Mei.

Setiyanigrum, Ari, dkk. 2015. Prinsi-Prinsi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Teknobos. 2022. https://teknobos.com/belanja-online-aplikasi-lazada. Diakses 10 Juni 2022.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Utami, C.W. 2017. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wahyudi, Septian. 2017. Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta. Vol 3. No.

Downloads

Published

2022-12-23