PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI HOTEL BUMI MALAYA MEDAN

Authors

  • Roberto Roy Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Haji Alfian Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Sampel dalam penelitian ini adalah Tamu Hotel Bumi Malaya Medan yang berjumlah 80 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, yaitu dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi berganda dengan uji hipotesis t dan F. Hasil pengujian hipotesis uji t diperoleh (H1) nilai t hitung, (4,391) > (1,991) t table dan signifikan siprobabilitas 0,000 <  0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Bumi Malaya Medan. (H2) nilai t hitung ,  (2,461) > (1,991) t table dan signifikan siprobabilitas 0,018 <  0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Bumi Malaya Medan. (H3) hasil pengujian hipotesis uji F diperoleh F hitung  (14,786) > Ftabel (3,12) dan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H3 diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh kualitas Pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Bumi Malaya Medan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dengan niai 0,277, atau 27,7% menunjukan  27,7% kepuasan pelanggan ditentukan atau dipengaruhi oleh harga dan promosi, sisanya 72,3% di tentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-11