PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MEREK APLIKASI GOJEK (Studi Kasus:Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia)

Authors

  • Roberto Roy Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rolando Marpaung Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Maria Theresya Saragih Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v7i2.3736

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas merek aplikasi Gojek pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia). Sampel dan penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan aplikasi Gojek di Program Studi Manajemen FEIS USM-Indonesia yang berjumlah 70 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas merek (Y) sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas merek. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari setiap variabel secara simultan dapat dilihat bahwa nilai Fhitung (35.809)> Ftabel (2,38) atau sig. sebesar 0,000 < 0,05. Loyalitas merek mampu dijelaskan oleh variabel citra merek dan kualitas pelayanan sebesar 51,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L. (2020). Model Transaksi Keuangan Perdagangan Elektronik. In L. Abdillah, Bab 4 Model Transaksi Keuangan Perdagangan Elektronik (p. 5). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Anindhita, W. (2017). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online. Prosiding Seminar Nasional Indocompac.

Asmara, S. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 2-10.Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 1.

Awaluddin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Transportasi Online, Jurnal Universitas Negeri Makassar1-40.

Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration Business & Organization, 1.

Daga, R. (2017). Citra Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.

Dasari, Y. (2020). Evaluasi Pelayanan Kearsifan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Apotik XYZ Sadamantra. Jurnal Farmasi Muhammadiyah Kuningan Vol 5 NO 2.

Dewantari, E. K. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Pada Loyalitas Merek Mie Sedap. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Dreambox.id. (n.d.). Dreambox.id. Retrieved Desember 17, 2020, from Dreambox.id: https://www.dreambox.id

Fauji, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Firmansyah, D. M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning and strategy). CV. Penerbit Qiara Media: Surabaya.

Fitriano, A. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap

Loyalitas Pelanggan Sosro Pada

PT Medan Sumber Alam Semesta.

-12.

Ghozali, I (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.Penerbit Undip.Semarang

Gojek.com. (t.thn.). Gojek.com. Dipetik 02 06, 2022, dari Gojek.com: https://www.gojek.com/id-id/

Haryono, N. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanaan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Universitas Nurtanio Bandung Vol. 4,.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Keller, P. K. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Laksono, A. W. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang.

Latief, I. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pendapatan Driver Gojek Di Kota Sukabumi. Journal MuhammadiyahUniversity.

Paputungan,T.(2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Telkom Kotamobagu. Jurnal Universitas Sam Ratulangi,Vol 3 No.2

Perdana, R. E. (2020). Analisis Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PD. Ikram Nusa Persada Kota Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 63.

Prasuda, T. A. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Ojek Online (c-Jek) Menggunakan Metode Object Oriented Analisys And Design. Seminar Nasional Industri dan Teknologi, 1-2.

Purba, R. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bumi Malaya Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol.4 No.2.

Rahayu, D. S. (2019). Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Obyek Wisata. Palembang: CV. Anugrah Jaya.

Setiawan, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Yang Di Mediasi Kepuasan Penumpang (Studi Kasus Penumpang Transportasi Transjakarta Di Halte Busway Flyover Radin Inten Koridor XI). Repository STIE INDONESIA, 26.

Simamora, V.J (2016) Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek. Skripsi Universitas Sanata Dharma

Soebakir, B. D. (2018). Pengaruh Brand, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurna EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3846.

Sudana, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kober Mie Setan (Studi Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). 557.

Sugiyono, p. D. (2019). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tarigan, R. A. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Pemulihan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. 1-45.

Tuti, M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Kuliah Di STEIN jAKARTA. Jurnal STIE Pariwisata International Vol 15 No 2.

Vernadila, R. Y. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek Sensodyne. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen.

Wahda, d. (2017). 3D Hologram Pengenalan Alat Transportasi. 1.Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer

Widayati, R. (2019). Aktivitas Pemasaran Produk Tabungan Pada PT.BPR Rangkiang Denai Payakumbuh Barat.

Wirapraja, A. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.

Yulianti, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Sleman: CV Budi Utama.

Yunaida. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol6 No 2, 5.

Zahra, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Yogyakarta). Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta

www.topbrand-award.coms

www.sari-mutiara.ac.id

Downloads

Published

2022-12-23