PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TK THERESIA KIDS SCHOOL MEDAN

Authors

  • Ruth Donda Eleonora Panggabean Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Barita Esman Dabukke Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sriwanda M. Telaumbanua Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.5969

Keywords:

Perkembangan Sosial, Bermain Peran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pra-eksperimental one group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 21 orang anak. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 26 dengan rumus mean, median, modus, tes normalitas shapiro-wilk, paired - sampel t - test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan sosial anak pada pretest diperoleh rata-rata sebesar 40%  sedangkan setelah adanya perlakuan atau posttest  mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 67% dari persentase 100%. Berdasarkan uji hipotesis, hasil analisis paired sampel t-test menunjukan hasil t hitung < t tabel (-13.051<1.72074) dan nilai signifikan sebesar < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT REMAJA Rosdakarya.

Hurlock, E. (2011). Perkembangan Anak. Erlangga.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Komunikasi, 10((1)), 109–120.

Nurmalitasari. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikolog.

Sugyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Afabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.

Yunita, Silfa, Ully Muzakir, dan Riza Oktariana. 2022. “Analisis Penerapan Bermain Peran Terhadap Motivasi Belajar Shalat Kelompok B Di Tk Al-Washliyah Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 3 (1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/513

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Panggabean, R. D., Dabukke, B. E., & Telaumbanua, S. M. (2025). PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TK THERESIA KIDS SCHOOL MEDAN. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.5969