Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015
Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.83Abstract
Pendidikan seksual adalah suatu informasi mengenai persoalan seksualitas manusia yang jelas dan benar, yang meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual dan aspek- aspek kesehatan, kejiwaan dan kemasyarakatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015. Jenis rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional, dimana pengukuran dan pengamatan terhadap subjek penelitian dilakukan sekali pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa Kelas II SMA HKBP I Tarutung sebanyak 60 orang yang keseluruhannya dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan hasil uji chisquare, diperoleh nilai p value sebesar 0,029 yang artinya ada hubungan pemberian pendidikan seks sejak dini dengan perilaku seksual pada remaja di SMA HKBP 1 Tarutung Tahun 2015. Kepada Remaja agar aktif mengikuti penyuluhan dari tenaga kesehatan tentang pemberian pendidikan seks sejak dini agar tidak mengalami penyakit menular seksual. sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan remaja dalam pendidikan seks sejak dini dan Kepada tenaga kesehatan juga agar dapat meningkatkan penyuluhan tentang Pendidikan seks sejak dini kepada remaja.
Kata Kunci : Pendidikan Seks, Perilaku Seksual, Remaja.