PENGARUH TARI KREASI MAENA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAJMAH RUGAYAH DARUS MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i2.5432Keywords:
Tari Kreasi Maena Maena, Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia DiniAbstract
Latar belakang: Anak Usia Dini Memiliki Karakteristik Yang Berbeda-Beda Dan Unik, Anak Juga Memiliki Rasa Ingin Tahu Dan Untuk Perkembangan Anak Dapat Meberikan Stimulasi Atau Rasangan Sederhana Agar Anak Dapat Berkembang Sesuai Pertumbuhan Dengan Usianya.
Tujuan: Untuk Mengetahui Pengaruh Tari Kreasi Maena Maena Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Najmah Rugayah Darus Medan.
Metode: Penelitian Ekperimen Dengan Pendekatan Pra-Ekperimen One Grup Pretestand Posttest Design. Sampel Dalam Penelitian Adalah Anak Kelompok B Yang Berjumlah 28 Orang. Teknik Sampling Yang Digunakan Adalah Total Sampling. Data Penelitian Ini Dianalisis Dengan Mengunakan Stastistik SPSS 22 Dengan Rumus Mean, Median, Modus, Uji Normalitas Shapiro-Wilk, Paried- Sampel-T-Test.
Hasil: Ditemukan Bahwa Pengaruh Tari Kreasi Maena Maena Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Pada Pretestdi Peroleh Rata-Rata Sebesar 36% Sedangkan Pada Posttest Mengalami Peningkatan Dengan Skor Rata-Rata 87% Berdasarkan Uji Hipotesis, Hasil Analisi Paired Sampel T-Testhasil T Hitung <T Tabel (Nilai Signifikan 0,002<0,014) Dan Nilai Signifikan <0,05 Maka H0 Ditolak HA Diterima.
Kesimpulan: Bahwa Terdapat Pengaruhtari Kreasi Maena Maena Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Najmah Rugayah Darus Medan.
Downloads
References
Charles, & Justin. (2014). Towards The Theories And Practice Of The Dance Art. International Journal Of Humanities And Social Science, 4(4), 251–259.
D, H. (2014). Unsur-unsur Eropa dalam Kesenian Nias. In Sumatera Utara: Catatan Sejarah dan Arkeologi. Yogyakarta: OMBAK.
Decaprio, & R. (2013). Aplikasi Pembelajaran Motorik Disekolah. Diva Press.
Eki, & M. (2015). Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Kreasi di Kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, 23.
Erlangga, & R. (2013). Ensiklopedia Seni dan Budaya Nusantara. Bekasi: MUTU.
Hamjah, & N. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN. Pontianak Press.
Hidayati, & D. (2014). Unsur-Unsur Eropa Dalam Kesenian nias. In Sumatera Utara: Catatan Sejarah Dan Arkeologi (1st Ed)., 69. yongyakarta: Penerbit OMBAK.
Imani, F, Sit, M, Suriani, & I. (2017). Upaya Meningkakan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance. Raudhah: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).
Johannes, P. (2018). . Maena Nias : Sarana Penyampaian Pesan Kisah Hidup Orang Nias. Gunungsitoli: Yayasan Pusaka Nias.
Lase, A. (2011). Kamus Li Niha : Nias Indonesia. jakarta: Buku Kompas.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngadirejo. (2019). Pengenalan Kebudayaan Tradisional Melalui Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini. 2(1), 77–82. htpps://doi.org/10.23917/bkkndik.vli2.10791
Saputra, & A. (2018). Deskripsi Analitik Pertunjukan Maena dalam Upacara Adat Perkawinan Pada Masyarakat Nias di Desa Hili Waele I Kecamatan Boto Muzoi Nias Induk (Universitas Sumatera Utara). Retrieved from Http://Repositori.Usu.Ac.Id/Handle/123456789/10476.
Sulastri. (2019). Tari Kreasi Yang Dapat Meningkatkan Motorik Kasar anak. Perkembangan Tari Kreasi Anak Usia Dini.
Sulastri, N, & M. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Kependidikan, 16(1), 85–96.
Susanto, & A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group.
Syarusl&Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 2(5), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Tampubolon, C, & S. (2014). Maena pada Upacara Falowa di Ori Laraga Kota Gunungsitoli: analisis Tekstual, Musikal dan Tari (Universitas Sumatera Utara Medan). Retrieved from Http://Www.Magisterseniusu.Com/Uploads/1/8/0/0/1800340/Tesis-Cathrina-Sumiatytampubolon.Pdf.
Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Widati, & S. (2016). Peningkatan Kreativitas Tari Kreasi Dengan Pembalajaran Berbasis Proyek. Dinamika Pendidikan, 1(6), 16–21.
Wiradnyana. (2010). Legitimasi Kekuasaan Pada Kebudayaan Nias. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Wulandari, R, & T. (2015). Pengetahuan Koreografi Untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tari Kreasi.
Zaluchu, & Widjaja. (2019). A Phenomenology Approach: Religious Significance of Mandala in Ancient Nias Culture. Proceedings of the Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, SEWORD FRESSH 2019, April 27 2019,. Https://Doi.Org/ 10.4108/Eai.27-4-2019.2286915.
Zendrato, N, & P. (2015). Teknik Vokal dan Makna Lagu Maena Dalam Acara Pernikahan Adat Nias di Desa Hilimbosi Kecamatan Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara (Universitas Negere Medan). Retrievet From. http://digilib.unimet.ac.id/id/eprint/223550
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruth Donda Eleonora Panggabean, Barita Esman Dabukke, Resli Giawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.