PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KASUS: PENJAHIT AGAPE PASAR PETISAH MEDAN)
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v10i1.6179Keywords:
Digital Marketing, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi digital telah mendorong perusahaan untuk memanfaatkan digital marketing sebagai strategi promosi yang efektif. Di sisi lain, kualitas produk tetap menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana digital marketing dan kualitas produk secara bersama-sama memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian baik secara parsial atau simultan.
Metode: Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang telah membeli produk Penjahit Agape sebanyak 2.000 orang. Metode pemilihan sampel menerapkan teknik sampling jenuh dengan pendekatan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel yang representatif adalah 95 orang. Analisis data terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik, analisa regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil: Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sama halnya dengan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selanjutnya variabel digital marketing dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.
Simpulan: Penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial atau simultan. Temuan ini mengimplikasi bahwa bahwa perusahaan perlu mengoptimalkan strategi pemasaran digital serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk guna mendorong peningkatan keputusan pembelian dan daya saing di pasar.
Downloads
References
Anwar, A. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarung Gajah Duduk di Kota Malang. MISTER: Journal Of Multidisciplinary Inquiry In Science Technoloy And Educational Research(1), 548-556.
Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visioner (VIS), 6(1), 22-31.
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Depublish.
Ginting, M., Pasaribu, E. S., & Sirait, R. T. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim Di Kota Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 32-40.
Halim, F., Kurniullah, A., Butar-Butar, M., Sudarso, A., Purba, B., Sisca, D., . . . Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harefa, H. S., & Sari, S. N. (2024). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Pemustaka Pada Perpustakaan Umum Kota Tasikmalaya. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 6(2), 287-299.
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal Of Economics, Management And Banking), 7(2), 56-64.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principles Of Marketing 17th Edition. New York: Pearson Education.
Lathifa, S., & Ali, H. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Diferensisasi Produk & Perilaku Konsumen: Produk, Harga, Promosi, Distribusi. Magister Manajemen UMB, 1, 1-18.
Maryanto, R. (2017). Pengantar Digital Marketing: Modul Pratikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT Vol. 1. Jakarta: Sekolah Tinggi Terpadu Nurul Fikri.
Mulyansyah, G., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.
Musfar, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Prasitya, I. (2023). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Erigo Store Melalui Media Instagram. Transformasi: Journal Of Economics And Business Management, 2(4), 150-1556.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Sirait, R. T., & A. Mahendra, S. R. (2022). Manajemen Pemasaran Internasional. Surabaya: Global Aksara Pers.
Sirait, R. T., Ginting, M., & Suryani, W. (2024). Dynamic Pricing And Consumer Inertia: An Empirical Analysis. Journal Of Innovation in Business And Economics, 8(2), 1-10.
Sirait, R. T., Siregar, M., & Panggabean, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handsanitizer Pada PT. Exzer Amsal Mandiri Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 259-271.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.
Widya, A. I., Haloho, E., & Harefa, H. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Mobilio Di PT. Istana Deli Kejayaan Medan. Seminar Nasional Manajemen dan Akuntansi (pp. 1-9). Medan: Universitas Katolik Santo Thomas Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MARETTA GINTING, RONNIE TOGAR MULIA SIRAIT, NORITARNI HULU, ELIZABETH HALOHO, FITRIA HALIM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











.png)