ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA SIMALINGKAR MEDAN

Authors

  • Elizabeth Haloho Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Idawati Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kualitas Jasa (tangible, reliability, responsiveness, assurance, Empathy) dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Kualitas jasa merupakan kinerja yang dapat memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen, bukan saja satu kali tetapi berulang kali sehingga memberikan kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada PT. Indomarco Prismatama Medan cabang Simalingkar Medan . Hipotesis penelitian adalah kualitas jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati) berpengaruh signifikan secara simultan maupun secara parsial terhadap tingkat kepuasan konsumen pada PT. Indomarco Prismatama Simalingkar Medan. Populasi merupakan keseluruhan objek yang akan diteliti. Populasi PT. Indomarco Prismatama Simalingkar Medan adalah sebanyak 3.000 orang. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,87. Artinya, kepuasan konsumen untuk berbelanja dapat dijelaskan oleh kualitas jasa (tangible, reliability, responsiveness, assuranse, and empathy) sebesar 87,%, sedangkan 13% dijelaskan oleh faktor lain, misalnya: harga, produk dan promosi. Hasil uji F menunjukkan bahwakualitas jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Indomarco Prismatama Simalingkar Medan. Hasil uji tmenunjukkan bahwa daya tanggap dan empati berpengaruh positif dan signifikan secara parsialterhadapap kepuasan konsumen pada PT. Indomarco Prismatama Simalingkar Medan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-20

Most read articles by the same author(s)