PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA LIM’S CAFE KISARAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v5i1.1332Keywords:
Produk Inovasi, Pemasaran Media Sosial, Keunggulan BersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis produk inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Lim’s Cafe Kisaran (2) mengetahui dan menganalisis pemasaran media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Lim’s Cafe Kisaran, dan (3) mengetahui dan menganalisis produk inovasi dan pemasaran media sosialberpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Lim’s Cafe Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitan ini adalah pelanggan pada Lim’s Cafe Kisaran yang berjumlah 185 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan Analisis Regresi. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan thitung 4,927 > ttabel 1,998 p-value 0,000 < 0,05, (2) pemasaran media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan 2,897 > ttabel 1,998 p-value 0,005< 0,05, (3) produk inovasi dan pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keunggulan bersaing dengan Fhitung 26,906>Ftabel 3,15p-value 0,000 < 0,05.