Pengaruh Metode Pq4r Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia

Authors

  • Maria Friska Program Studi PGSD, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Adinda Rafina Damanik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Arman Bemby Sinaga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui pengaruh metode PQ4R  terhadap keterampilan membaca pemhaman siswa kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Kelas eksperimen terdiri dari 19 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 19 siswa. Tekinik pengumpulan data penelitian berupa tes dan observasi . Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data serta pengujian hipotesis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD. Hal tersebut dapat dilihat dari Uji Hipotesis dan Uji Paired Sample T Test terlihat bahwa nilai signifikansi sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Metode PQ4R  berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, U., Luthfi, A. and Rizal, M.S., 2021. Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), pp.17-27.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Burhan, Nurgiyanto. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE.

Dalman. 2018. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Darmiyati, Zuchdi. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Peningkatan Komperhensi. Yogyakarta : UNY Press.

Djuanda, Dadan. 2008. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung : Pustaka Latifah.

Dr. Hasanudin, M.Si. 2017. Biopsikologi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.

Dr. Indra Jaya, M.Pd, Ardat, M.Pd. 2013. Citapustaka Media Perintis.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Henry G. Tarigan. 2011. Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Herliyanto. 2015. Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Johan, G.M., 2018, October. Validitas Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Mardika, T., 2019. Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Marpaung, I.Y.O. and Siagian, S., 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V SD Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(1).

Putri, I.G.A.C.A., Putra, D.K.N.S. and Zulaikha, S., 2014. Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Rahayu, R.A., Riyadi, A.R. and Hartati, T., 2018. Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), pp.46-56.

Somadaya, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Ternate : Graha Ilmu.

Sudiana, N. and Lasmawan, W., 2017. PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PAYANGAN. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), pp.12-22.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta : ALFABETA, cv.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.

Yuliana, I. and Fajriah, N., 2013. Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Downloads

Published

2023-05-31