Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 060962 Belawan T.A 2022/2023

Authors

  • Maria Friska Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Risma Anjelita Marbun Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Arman Bemby Sinaga Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kesulitan belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar bahasa Inggris yang dialami oleh siswa, dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 060962 Belawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima dengan jumlah 9 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes bahasa Inggris dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 7 siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Jenis-jenis kesulitan yang dialami oleh siswa terdiri dari kesulitan menulis kalimat bahasa inggris, sulit menterjemahkan kalimat bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, kesulitan pengerjaan kalimat acak. Permasalahannya adalah kurangnya kosa kata, kesulitan dalam menghafal kosa kata dan kurangnya penguasaan tata bahasa. Adapun faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris ialah kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggari, Renginta Syafira. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Hal.62. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Hal.32

Fitriawan Muhammad Dhandi, dkk. Analisis kesulitan siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris di SD Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, 01. 2021. 98-102.

Ihsanudin,muhammad. 2019. Proses Pembelajaran. Makalah. Universitas Muhammadiyah Bogor. Bogor

Maduwu, Byslina. Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi 50. (2016):1

Miranti,A Medya. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas Viii Di Mts Negeri 1 Sinjai. Skripsi. Institus Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. Makassar.

Muhzuhri.2017. Faktor penyebab dan cara mengatasi kesulitan belajar anak (online)diakses pada https://zuhriIndonesia.blogspot.com/2017/04/faktor- penyebab-dan-cara-mengatasi.html di akses pada tanggal 12 Februari 2023.

Munisah,Eny. Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Teras Belajar. Jurnal Elsa 19, 01. 2021 : 26-29.

Natalia, Tri Astuti, Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Deiksis Vol. 09No.3. 2017 : 336-349.

Rizka,khairatul. 202i. Analisis Kesulitan Belajar Siswa kelas V pada materi tematik melalui kegiatan pembelajaran daring. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Medan.

Setiawan, Ari mulyadi. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus :Yogjakarta: Nuha Litera, 2010.

Sidiq,Umar dan Moh Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya. 2019.

Sinaga,Cathryn Margareth. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 104243 Lubuk Pakam T.A 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Medan. Medan

Sondakh, Delfin Christie dan Mega Febriani Sya. Kesulitan Pembelajaran Kosakata bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Karimah Tauhid 01, No 3 (2022) : 347-349.

Sucandra, Muhammad Arief Budiman, dkk. Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas IV Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Jurnal Wawasan Pendidikan 2, 01. 2022. 72-73

Downloads

Published

2023-11-30