UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN SYLLABIC METHOD

Authors

  • Maria Friska Program Studi PGSD, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sri Rahdiani Program Studi PGSD, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

syllabic method, kemampuan membaca permulaan

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan menjadi masalah yang dihadapi siswa kelas I SD Air Langga Medan Deli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan mnggunakan syllabic method. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDS Air Langga Medan Deli yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk essay yang dilakukan  pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan . Hal tersebut dibuktikan dengan  nilai rata – rata, pada siklus I 65,  siklus I dengan nilai rata – rata adalah 72,91 dan siklus  II dengan nilai rata – rata 76,26. Tingkat ketuntasan siswa pada tahap pra siklus adalah 42%, siklus  I adalah 62%, dan ketuntasan pada siklus  II adalah 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Istanto,Budi. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu kata pada Siswa Kelas I Pandeyan Jatinom Klaten (skripsi) ( Yogyakarta : Univesitas Negeri Yogyakarta, 2014 ).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Tematik Terpadu Kurikulu 2013.
Jakarta
Mustikawati,Ratih.S.Pd. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan
dengan Metode Suku Kata (syllabic Method) pada Siswa Kelas I SDBanjarsari (Jurnal) Surakarta, 2015.
Nurbiana, Dhieni, dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas
terbuka, 2009.
Norhadirijanto. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode
Suku Kata Pada Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Krendetan
Purworejo(Skripsi) (Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2014).
Prof.Dr. Henry Guntur, Tarigan. Membaca Sebagai suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2005.
Solhan T. W, dkk. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas
Terbuka, 2007.
Sajidan, H. 2008. Media Pengembangan Pendidik. Surakarta : Dwijaya Utama
Shoimin Aris, 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Penerbit Ar-ruzz Media

Published

2020-05-30