Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Return Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Kelurahan Sudirejo II)

Authors

  • Rosa Nurulita Marpaung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rukmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Toni Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Indra Utomo Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5111

Keywords:

Promo Gratis Ongkos Kirim, Return, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Return dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Pada Kelurahan Sudirejo II) baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian menggunakan data primer, instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11.000 orang konsumen Shopee di Kelurahan Sudirejo II dan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan persamaan regresi Y = 1.395 + 0.308X1 + 0.305X2 + 330X3. Hasil Uji Parsial (T) pada variabel Promo Gratis Ongkos Kirim diperoleh nilai sig. 0.003 < 0.05 dan t-hitung 3.020 > t-tabel 1.661, pada variabel Return diperoleh nilai sig. sebesar 0.003 < 0.05 dan t-hitung sebesar 3.070 > t-tabel 1.661 dan pada variabel Online Customer Review diperoleh nilai sig. sebesar 0.001 < 0.05 dan t-hitung sebesar 3.483 > t-tabel 1.661. Sedangkan hasil Uji Simultan (F) diperoleh nilai sig. sebesar 0.001 < 0.05 dan f-hitung sebesar 68.458 > f-tabel 2.70. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan nilai R2 sebesar 68.1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Return dan Online Customer Review berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kelurahan Sudirejo II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliya, Zakky Fahma Moh Rifqi Khairul Umam Septi Kurnia Prastiwi, ‘Online Costumer Reviews (OTRs) Dan Rating: Kekuatan Baru Pada Pemasaran Online Di Indonesia ARTICLES’, 8.1 (2017), pp. 89–98 https://ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/view/112.

Ardiyos, Kamus Besar Akuntansi (Citra Harta Prima, 2005).

Asiyah, ‘Pengaruh Penilaian Produk Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Kabupaten Ponorogo’ (INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI, PONOROGO, 2021) https://etheses.iainponorogo.ac.id/13348/.

Ekwinia, Quandizza, Batrisyia, and Maydena, Sinari, ‘Impact of Free Shipping Promotion on Product Purchase Decisions in E-Commerce Shopee During Covid-19, International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2.2 (2021), pp. 12–19 https://ijabo.a3i.or.id.

Febria, Mira Fujita, Setiawan, Fadjar, Sulaeman, Eman, ‘Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia)’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 no. 6 (2022).

Firmansyah, Muhammad Anang, Perilaku Konsumen (Deepublish, 2018) <https://www.researchgate.net/publication/329587407>.

Istiqomah, Mira and Marlena, Novi, ‘Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion’, Jurnal Manajemen, 12.2 (2020), pp. 288–98.

Hikmawati, Fenti, Metodologi Penelitian (Rajawali Pers, 2020).

Latief1, Fitriani, and Nirwana Ayustira2, Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla Kosmetik Di Sociolla, 2020, VI <https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139>.

Maharani, ‘Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cheek & Liptint Di Shopee Pada Pelanggan Implora Cosmetics Di Desa Bangun Sari’, 2023, pp. 1–85.

Mariyati Harahap, ‘Pengaruh Ongkos Kirim Dan Return Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee’, 2022.

Meithiana, Indrasari, Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Unitomo Press, 2019).

Mo, Zan, Yan-Fei Li, and Peng Fan, ‘Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior’, Journal of Service Science and Management, 08.03 (2015), pp. 419–24, doi:10.4236/jssm.2015.83043

Najih, Muhammad, and Sarwo Edi, ‘The Influence of Free Shipping Tagline on Online Purchase Decision: A Case Study of Students in the Sharia Business Management Program at Muhammadiyah University of North Sumatra’, Jurnal Ekonomi, 13.01 (2024), pp. 1841–49, doi:10.54209/ekonomi.v13i01.

Priadana, Sidik dan Sunarsi, Denok, Metode Penelitian Kuantitatif (Pascal Books, 2021).

Prastyaningtyas, Efa Wahyu, Sistem Akuntansi, ed. by R. Azizah (CV. Azizah Publishing, 2019).

Razali, Geofakta, Andamisari, Dessy, and Saputra, Jun ‘Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen’, Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2.3 (2022), pp. 482–91, doi:10.53866/jimi.v2i3.132.

Safei, Imam, ‘Praktik Retur Barang Pada Jual Beli Online Di Marketplace Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pengguna Marketplace Shopee Di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor)’, 2021.

Widodo, S.S., Dkk, Buku Ajar Metode Penelitian (CV Science Techno Direct Perum Korpri, Pangkalpinang, 2023.

Sahir, Syafrida Hafni, Metodologi Penelitian (KBM Indonesia, 2021) .

Sitorus, Onny Fitriana dan Utami, Novelia, Strategi Promosi Pemasaran (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2017).

Syofian Siregar, Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif (Bumi Aksara, 2020).

Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Da R&D’, (Alfabeta 2017).

Suryani, Mufid, Nida Nusaibatul Adawiyah, and Erlin Beliya, ‘Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19’, Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1.1 (2022), pp. 49–74, doi:10.55927.

Zahriyah, Aminatus, M Si Suprianik, M Si, Agung Parmono, and M Si Mustofa, Ekonometrika Tekhnik Dan Aplikasi Dengan SPSS (Mandala Press, 2021).

Zhao, X. R. (Roy), Wang, L., Guo, X., & Law, ‘The Influence of Online Reviews to Online Hotel Booking Intentions.’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27.6 (2015), pp. 1343–1364 <https://doi.org/10.1108/IJCHM-12-2013-0542>.

Zusrony, Edwin, and M Kom, Perilaku Konsumen Di Era Modern (Yayasan Prima Agus Teknik, 2021).

https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee

https://seller.shopee.co.id/edu/article/15910

https://www.zonahobisaya.web.id/2022/10/arti-logo-shopee-salah-satuaplikasi.html

https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16520/7/BAB_II.p

Downloads

Published

2024-06-30