Pengaruh Kualitas Layanan Logistik, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan

Authors

  • Siti Salwa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Melisa Zuriani Hasibuan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Toni Hidayat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5076

Keywords:

Kualitas layanan, harga, citra merek, keputusan penggunaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan logistik, harga, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen jasa ekspedisi Indah Logistik Cargo Agen Otonom Nasution Medan yang berjumlah 480 orang. Menggunakan tingkat kelonggaran 7,8% yang dihitung dengan rumus Slovin, diperoleh sampel sebesar 83 pelanggan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan SPSS 29.0 for Windows. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas), analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji T, uji F, uji R). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Nilai thitung kualitas layanan adalah 2.419 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.023 < 0.05, nilai thitung harga adalah 2.419 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.023 < 0.05, dan nilai thitung citra merek adalah 2.504 > 1.66437 dengan taraf signifikan 0.019 < 0.05. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 5.894 > Ftabel 3.11 dengan taraf signifikan 0.008 < 0.05, artinya hipotesis bahwa kualitas layanan, harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dapat diterima. Hasil uji R2 menunjukkan nilai 0.551 atau 54.3%, yang berarti kualitas layanan, harga, dan citra merek sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sementara 45.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amel, A. F. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 201-223.

Marlinda, P. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa J&T Express Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang. Jurnal ilmu administrasi bisnis, 11(4), 822-829.

Wayuni & P.Adam, 2021; Winata & Evyanto, 2019; Yuniarta et al., 2019)

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)