Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di UD Harapan Tani Di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Cici Niken Ariyanti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Munawaroh Munawaroh Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Melisa Zuriani Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Toni Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Muhammad Radiansyah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.4676

Keywords:

Harga, Pelayanan, Word of Mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga, pelayanan, dan word-of-mouth secara individu dan simultan pada keputusan berbelanja pada UD Harapan Tani di Kecamatan Beringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel sebanyak 93 orang dipilih secara acak dari populasi 1.326 pembeli di UD Harapan Tani yang berlokasi di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Individu-individu tersebut merupakan bagian dari populasi penelitian pada tahun 2022 hingga 2023. Teknik analisis data meliputi regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Persamaan Y=5.133+0.544X1+0.158X2+0.284X3 diperoleh dari data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Variabel yang mempunyai thitung 5,420 > ttabel 1,662 terdapat pengaruh yang signifikan pada pilihan pembelian. Variabel pelayanan dengan thitung 1,738 berpengaruh signifikan dan substansial terhadap keputusan pembelian dengan ttabel 1,662. Variabel word-of-mouth dengan thitung 2,703 dan ttabel 1,662 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada UD Harapan Tani Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang variabel harga, pelayanan, dan word-of-mouth semuanya mempunyai pengaruh yang signifikan dan menguntungkan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan Fhitung32.377>Ftabel2.71.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah&Tantri. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja. Grafindo Persada.

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Babin, B. J. (2015). Modelling Consumer Satisfaction and Word of Mouth : Restaurant Patronage in Korea. The Journal of Services Marketing, 133-139.

Habibah&Sumiati, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17. Vol.1, No.1, 31-48.

Hasan, A. (2019). Marketing. Yogyakarta: Media Utama.

Kotler&Keller, P. K. (2015). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra. Wacana Media.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Downloads

Published

2023-12-20