PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN PELAYANAN PESAN ANTAR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Indomaret Tanjung Morawa)

Authors

  • Melisa Zuriani Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Nova Juliana Putri Perangin-angin Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v7i2.3564

Keywords:

Promosi Media Sosial, Pelayanan Pesan Antar, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial dan pelayanan pesan antar terhadap tingkat kepuasan konsumen (studi kasus pada Indomaret Tanjung Morawa). Dengan jumlah populasi sebanyak 103 orang. Teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan Rumus Slovin, sehingga sampel penelitian ditetapkan sebanyak 82 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 4,563 + 0.621X1 + 0.468X2. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 8,545 > ttabel = 1,990 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa variabel Promosi Media Sosial (X1) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Nilai thitung = 4,514 > ttabel = 1,990 dan signifikansi 0,004 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa variabel Pelayanan Pesan Antar (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Hasil uji F diperoleh nilai positif Fhitung = 50,069 > Ftabel = 3,11 dan signifikansi 0,000 < 0,05, artinya variabel promosi media sosial dan pelayanan pesan antar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Nilai Adjusted R Square (R2) adalah 0,748 atau 74,8%, sedangkan sisanya 25,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jadi penelitian ini disimpulkan bahwa Promosi Media Sosial (X1) dan Pelayanan Pesan Antar (X2) mempengaruhi Kepuasan Konsumen (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rasyid Rahman. (2018). “Pengaruh Strategi Promosi melalui Media Sosial dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor PT.Sinar Mandiri Manado”. Jurnal EMBA, 6 (4). 3933-3942.

Ahmad Moh’d Al-sharif. (2017). “The Impact of Social Media Marketing on Customer Satisfaction through Brand Image (Field Study based on Customers of Jordan Telecommunication Companies, Applied on the Students of the Private Universities that Located in Amman-Jordan)”. Journal Management Marketing, 5 (2). 411-420.

Aji Pamungkas Bagas. (2016). “Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada kedai bontacos Jombang)”. Jurnal Komunikasi Manajemen, 10 (2), 145-160.

Alma Buchari. (2018) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsini. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jakarta: Khalifah Mediatama.

Fahmi,Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Ali. (2019). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Heuer, Chris. (2017). The Social Media Playbook: Listen, Look, Join and Lead. New Jersey: Wiley Publisher

Hurriyati, Ratih. (2017). Bauran Pemasaran dan Loyaliyas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Indrawan dan Poppy. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitattif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kotler dan Keller. (2016). Marketing Manajemen (Edisi 15). Global Edition: Pearson Education.

Moekijat. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.

Nasrullah, Rulli. (2018). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ongko Wijoyo Iksan. (2018). “Pengaruh Delivery Service terhadap Keputusan Pembelian Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1 (1), 1-12.

Rangkuti, Freddy. (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Shaheen Musarat. (2020). “The Effect of Social Media Promotion and Viral Marketing on Customer Satisfaction”. International Journal of Advanced Science and Technology, 29 (8), 2817-2826.

Stanton, William J. (2018). Prinsip Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2019). Methode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Kombinasi (mixed methods) Penelitian Tindakan (Action Research) Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Syarif Maulana Ade. (2016). “Pengaruh Pelayanan Pesan Antar dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen PT. TOI”. Jurnal Ekonomi, 7 (2), 113-125.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Wibowo Fujo, (2019). “Pengaruh Promosi Media Sosial dan Harga terhadap KeputusanPembelian (studi kasus pada Indomaret Jl.Taman Siswa No.7A Jogyakarta)”. Jurnal Ekonomika, 12 (2), 2085-0352.

Downloads

Published

2022-12-23