Pengaruh Lifestyle, Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handbody Scarlett (Studi Kasus Pada Masyarakat Lingkungan XI Jl. Garu III Medan Amplas)

Authors

  • Putri Ramadani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rukmini Universitas Muslim Nusantara Al–Washliyah
  • Wan Dian Safina Universitas Muslim Nusantara Al–Washliyah
  • Muhammad Rahmat Universitas Muslim Nusantara Al–Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5054

Keywords:

Lifestyle, Word of mouth, Brand image, Purchase Decision

Abstract

Many factors influence consumer decisions regarding Handbody Scarlett (Case Study, Environment XI Jl. Garu III, Amplas Community, Medan), including lifestyle, word of mouth marketing, and brand photography. This research aims to understand consumer welfare, word of mouth marketing and determine the image of Handbody Scarlett (Case Study of the Amplas Medan XI Community Circle Jl. Garu III). The research method used in this research is multivariate research, and the sampling method in this research is the Slovin sample, the population is 190 people, so the sample size is 85 participants. The data collection methods used are observation and surveys. The data analysis process used is multi-row iterative. The research results show that lifestyle changes have a partial effect on consumer decision making. Topic change messages influence consumer purchasing decisions. Changes in image patterns influence consumer purchasing decisions. Meanwhile, lifestyle changes, word-of-mouth marketing and brand image influence consumer decisions regarding Handbody Scarlett (Case Study of the Median Amplas XI Community Circle Jl. Garu III).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriliani, Sri., Safina, Wan Dian., Rukmini (2022), Pengaruh kesadaran merek dan motivasi terhadap keputusan konsumen membeli sabun Lifebuoy di Desa Patubak Kecamatan Patubak. Jurnal Edueco Universitas Balikpapan. Vol 5.No 2.

Astuti, D. & Salisah, F. N. (2016) ‘Evaluasi Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode E-Servqual (Studi Kasus: Lejel Home Store Pekanbaru)’, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2 (1), pp. 44–49.

Aulianingrum, R. D. & Rochmawati, R. (2021) ‘Pengaruh literasi keuangan, kesehatan orang tua, dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pribadi siswa’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), pp. 198–206. doi: 10.19184/jpe.v15i2.24894.

Chaney, L. H. & Martin, J. S. (2015) Intercultural Business Communication (Internatio).

Ekowati, W. (2018) ‘SMPN 1 Penajam Paser Utara Dampak disiplin kerja kepala sekolah dan kepemimpinan terhadap pendidikan guru melalui pengembangan profesional’, Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 1(1), pp. 1–14.

Irwanto, A., Rohman, F. & Noermijati, N. (2019) ‘Analisis Pengaruh Word of mouth Dan Strategi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, Dan Pengaruhnya Pada Terbentuknya Word Of Mounth Di Perumahan Madani Group Jabodetabek’, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), pp. 66–94.

Joesyiana, K. (2018) ‘Pengaruh word-of-mouth marketing toko online di Pekanbaru terhadap pengambilan keputusan konsumen (Evaluasi Mahasiswa Semester VII Fakultas Pengajaran dan Pembelajaran Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Islam Riau)’, Jurnal Valuta, 4(1), pp. 71–66.

Kotler, P. & Armstrong, N. (2016) Manajemen Pemasaran. Edisi Mile. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Krishnan, J. & Mary, V. S. (2015) ‘International Journal of Multidisciplinary

Research’, International Journal of Multidisciplinary Research, 2(4), pp. 1– 13.

Lupiyoadi, R. & Hamdani (2015) Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A. A. P. (2018) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Kosda Karya.

Muharry, Meigi Nur., Rahmat, Muhammad (2021), PT Dampak bauran pemasaran terhadap proses pengambilan keputusan konsumen. Health Wealth International (Studi Kasus Masyarakat Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang)).Vol.6.No 1 Jurnal Mutiara Manajemen

Pohan, M., Jufrizen, J. & Annisa, A. (2021) ‘Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan’, Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), pp. 402–419. doi: 10.30596%2Fsnk.v2i1.8304.

Pulungan, D. R. & Febriaty, H. (2018) ‘Pengaruh Lifestyle dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa’, Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), pp. 103–110. doi: 10.5281/zenodo.1410873

Rahayu, D. D. (2015) ‘Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Community Komunitas Sepak Bola Di Pekan Baru Terhadap Brand Image’, Jurnal Ekonomi, 22(1), pp. 1–16.

Rahayu, R. & Alimudin, A. (2015) ‘Pengaruh pendidikan, lingkungan keluarga, hubungan pribadi, dan gaya hidup terhadap perilaku bisnis dan keuangan yang tidak biasa’, Jurnal Ilmu Manajemen Magistra, 1(1), pp. 1–15.

Riduwan, R., Sunarto, S. & Akdon, A. (2015) Pengantar statistika untuk penelitian : pendidikan,sosial, komunikasi, ekonomi dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rukmini, Wibowo, Muhammad Rizaldy, Murniyanti, Sri (2021), Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pasta Gigi Formula Pada Desa Denai Kuala Pantai Labu Deli Serdang.Vol.2. Jurnal AKMAMI

Salim, A. et al. (2018) ‘Focusing on complaints handling for customer satisfaction and loyalty: The case of Indonesian public banking’, European Research Studies Journal, 21(3), pp. 404–416. doi: 10.35808/ersj/1071.

Sangadji & Sopiah (2015) Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:

Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2017) Perilaku Konsumen. Edited by Zoelkifli.

Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono, S. (2017) Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R & D. Cetakan

Bandung: Alfabeta.

Sumardy, Silviana, M. & Melone, M. (2015) The Power of Word Of Mouth Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Sumarwan, U. (2015) Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Susanto, A. S. (2018) ‘Buat segmen berdasarkan gaya hidup’, Jurnal Jibeka, 7(2), pp. 1–6.

Tjiptono, F. (2018) Strategi Pemasaran. 3rd edn. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, A. (2018) ‘Pengaruh stres kerja sebagai variabel wawancara terhadap kepuasan kerja karyawan Hotel Maxone Kota Malang., Parsimonia, 4(3), p. 282.

Zakia, A., Adisti, A. A. & Asmarani, A. (2022) ‘Faktor yang mempengaruhi kelas sosial: gaya hidup, daya beli dan status kesehatan (Literature Review Msdm)’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), pp. 44

Downloads

Published

2024-06-30