PENGARUH BIAYA OPERASIONAL (OPERATING EXPENSE), DER (DEBT TO EQUITY RATIO), DAN CR (CURRENT RATIO) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2012-2015

Main Article Content

Hottua Samosir
CATHERINE GRACE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya operasional (operating expense), DER (debt to equity ratio) dan CR (current ratio) secara simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor manufaktur di BEI (Bursa Efek Indonesia) Tahun 2012-2015. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode dokumentasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 Perusahaan manufaktur. Teknik yang di gunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, sehingga sampel sebanyak 69 Perusahaan. Data di analisis dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda, koefisien dertiminasi, Uji F, dan Uji T untuk mendapatkan model regresi yang baik. Hasil penelitian hipotesis secara simultan menunjukkan biaya operasional, Debt to Equity Ratio dan Current Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Hasil penelitian hipotesis secara parsial menunjukkan variabel biaya operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Hasil analisis koefisien determinasi di peroleh nilai adjusted R Square sebesar 0,307, artinya variasi variabel profitabilitas yang dapat di jelaskan oleh variabel biaya operasional, DER dan CR sebesar 30,7% sedangkan sisanya 69,3% di pengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi dalam penelitian ini.


Kata Kunci : Biaya Operasional, Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan Profitabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hottua Samosir, Universitas Sari Mutiara Indonesia

S1 Universitas Negeri Medan Konsentrasi Akuntansi, S2 Akuntansi Universitas Sumatera Utara dan Sedang Menyelesaikan Program Doktoral di Universitas Negeri Medan Prodi Manajemen Pendidikan.