PENGARUH CASH RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015 PENGARUH CASH RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015

Main Article Content

Hottua Samosir

Abstract

Dividend payout ratio menunjukan bagian laba yang dibagikan dalam bentuk dividen. Dividend payout ratio mempengaruhi keputusan investasi yang akan ditanamkan oleh investor. Oleh sebab itu, dividend payout ratio harus dipertimbangkan secara seksama oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cash ratio, debt to equity ratio, dan earning per share secara parsial dan simultan terhadap dividend payout ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 sampai 2015, dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 52 perusahaan. Data pada penelitian ini merupakan data sekunder dan metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang menghasilkan persamaan berikut :Y= 0,155 + 0,062X1+ 0,252X2+ X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, debt to equity ratio dan earning per share berpengaruh significan terhadap dividend payout ratio, sedangkan cash ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Secara simultan, cash ratio, debt to equity ratio, dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.


Kata Kunci : Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Earning per Share, dan Dividend Payout Ratio

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hottua Samosir, Universitas Sari Mutiara Indonesia

S1 Universitas Negeri Medan Konsentrasi Akuntansi, S2 Akuntansi Universitas Sumatera Utara dan Sedang Menyelesaikan Program Doktoral di Universitas Negeri Medan Prodi Manajemen Pendidikan.