PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, EARNING PER SHARE DAN DIVIDEN PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015

Main Article Content

Hottua Samosir
Nova Ria Marbun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh return on investment, earning per share dan dividen per share terhadap harga saham. Variabel independen dalam penelitian ini adalah return on investment, earning per share dan dividen per share sedangkan variabel dependen adalah harga saham. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 143 perusahaan manufaktur. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 33 sampel perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian deskriptif kuantitatif, sifat penelitian eksplonatory. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling secara observasi langsung dan analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan uji F dan uji t pada level signifikan 5% (a=0,05) dan adjustedR square sebesar 0,5 atau 5%. Harga saham (Y), return on investment (X1), earning per share (X2), dividen per share (X3), sedangkan sisanya 95% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel return on investment secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015, dan earning per share secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015, dan dividen per share secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015.


Kata kunci : Return On Investment, Earning Per Share dan Dividen Per Share terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hottua Samosir, Universitas Sari Mutiara Indonesia

S1 Universitas Negeri Medan Konsentrasi Akuntansi, S2 Akuntansi Universitas Sumatera Utara dan Sedang Menyelesaikan Program Doktoral di Universitas Negeri Medan Prodi Manajemen Pendidikan.