ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD GUDISEJU

Main Article Content

Elya Siska Anggraini
Firanti Tri Nur Adana
Jihan Aqilah
Rachel Sehulina
Vivi Aulia Azahra

Abstract

Bagi anak usia dini seni meruapakan karya/produk yang dihasilkan dan muncul pada proses bermain. Pada proses berseni anak memanfaatkan pengalaman belajar dan memerlukan beberapa faslitas dari orang disekitarnya. Dalam proses artistik, anak terlibat dalam hal mengamati, mensetting, dan juga memainkan peran ganda sebagai pembuat karya seni. Proses artistik mendukung anak dalam pelibatan dalam pengambilan keputusan, tentang bagaimana anak bertindak, dan memiliki pengetahuan tentang resiko atas pilihannya. Dengan stimulasi seni, anak terlibat dan memiliki peluang untuk mencari tau, menggali informasi, mengekspresikan diri melalui cara yang menyenangkan dan anak-anak sukai. Peranan dari seni bagi anak udia dini penting sebagai salah satu upaya meningkatkan imajinasi, eksplorasi dan pola ekspresi, serta kreatifitas anak pada saat bermain. Melalui kegiatan seni rupa guru dapat merangsang potensi dan bakat yang dimiliki anak sejak dini. Sehingga tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk menggali informasi mengenai bagaimana guru melakukan pembelajaran seni untuk anak usia 5-6 tahun di PAUD Gudiseju. Dengan karya ilmiah yang sifatnya kualittatif melalui metode wawancara, observasi anak, dan juga dokumentasi, karya ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran seni yang diterapkan di PAUD Gudiseju masih monoton ditandai dengna tidak adanya variasi media, kegiata, serta metode yang digunakan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraini, E. S., Firanti Tri Nur, Aqilah, J., Sehulina, R., & Azahra, V. A. (2024). ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD GUDISEJU. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 11–16. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i2.5058
Section
Articles

References

Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696

Fitriyah, Izzul. (2015). Ayo Berkreasi. Jakarta: Prenamedi Group.

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109-123). https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/download/383/239

Indrawan, I., dkk. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini. Pasuruan: Qiara Media.

Lathifah, W., & Pamungkas, J. (2022). Keterampilan Guru PAUD dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Seni Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5531–5540. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2805

Mayar, F. (2022). Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini. Deepublish.

Musa, L. A., Hasis P. K. (2021). Pembelajaran Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689

Sundari, R., & Zahro, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73–90. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610

Most read articles by the same author(s)