ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI PANCASILA ANAK DI TK NEGERI 1 PEMBINA MEDAN

Authors

  • Jihan Aqilah a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Negeri Medan";}
  • Firanti Tri Nur Adana Universitas Negeri Medan
  • Vivi Aulia Azahra Universitas Negeri Medan
  • Zhal Zha Novianti Universitas Negeri Medan
  • Eka Santi Sinamo Universitas Negeri Medan
  • Artha Mahindra Diputra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3931

Keywords:

Perkembangan Nilai Pancasila, Instrument Checklist

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan anak mengenal dan mencocokkan symbol, bunyi, dan sikap yang mencerminkan nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian yang menitikberatkan terhadap pengukuran dan penjabaran hubungan sebab akibat dengan bermacam– macam variabel. Subjek penelitiannya adalah anak usia 5 – 6 tahun sebanyak 13 murid di kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam mengenalkan nilai–nilai Pancasila untuk anak tidak hanya menjadi tanggung jawab dan tugas guru, melainkan tanggung jawab serta tugas orangtua dirumah, dan dari hasil observasi peneliti menggunakan instrument checklist dapat disimpulkan capaian perkembangan nilai Pancasila kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan sudah berkembang sesuai Harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.

Wicaksono, V. D. Penngembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD.

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Aanak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5041-5051.

Kamila, Jenisa Tasya & Dewi, Dinie Anggreini. (2021). Pentingnya Mengenalkan Pancasila Contoh Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Sejak Anak Berusia Dini. Indonesia Journal Of Islamic Studies. VOL.2(2). HAL 81-92.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, Yogyakarta, Jurnal Ilmiah Guru.

Pepbriana, Putri Hana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi, VOLUME 1 ISSUE 1, PAGES 1-11.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Aqilah, J., Adana, F. T. N., Azahra, V. A., Novianti, Z. Z., Sinamo, E. S., & Diputra, A. M. (2023). ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI PANCASILA ANAK DI TK NEGERI 1 PEMBINA MEDAN. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 69–73. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3931