MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN JODOH PANCASILA

Authors

  • Vivi Aulia Azahra Vivi Universitas Negeri Medan
  • Jihan Aqilah Universitas Negeri Medan
  • Firanti Tri Nur Adana Universitas Negeri Medan
  • Muftila Alsiana Putri Universitas Negeri Medan
  • Sri Hariyanti Manurung Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3854

Keywords:

Sikap Nasionalisme, Media Papan Jodoh Pancasila, Anak usia 5-6 Tahun, Globalisasi

Abstract

Dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya derajat globalisasi, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah merosotnya budaya dan sikap nasionalis. Hal ini sebagai jawaban atas permasalahan tingkah laku yang menjadikan anak kurang memiliki rasa nasionalisme, maka dalam konteks globalisasi saat ini diperlukan solusi untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak yaitu pengabdian masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak melalui permainan papan jodoh pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada anak usia 5-6 tahun dengan menerapkan papan jodoh pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kebangsaan menggunakan media papan jodoh pancasila, agar anak menjadi penyayang terhadap sesama manusia, saling bertoleransi, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, bangga terhadap bangsa Indonesia, dan bangga terhadap bangsa Indonesia. ibu pertiwi Indonesia tidak kalah dengan yang lain, Mampu mengakui hak dan kewajiban yang sama dan sederajat antara sesama manusia dan sesama bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41.

Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E- Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan Addie. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1–8. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.67

Pratomo, W., Sundawa, D., & Kurniati, P. (2022). P2M STKIP Siliwangi Memperkuat Karakter Nasionalisme Warga Negara Muda dengan Pendekatan Ajaran Trihayu. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 25–32.

Rantina, M., Utami, F., & Andika, W. D. (2022). Prototype Media Interaktif untuk Menanamkan Nilai Pancasila untuk Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 156–168.

https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2219 Rinaldi, Kasmanto. Askarial, Askarial. (2022).

Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 3 (2), 170 – 174

Sidiq, Umar. Choiri, Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Vivi, V. A. A., Aqilah, J., Adana, F. T. N., Putri, M. A., Manurung, S. H., & Jamaludin, J. (2023). MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN JODOH PANCASILA. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 58–62. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3854