PENGARUH PENGGUNAAN ALPHABET CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 060883 MEDAN PETISAH
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v10i1.6123Keywords:
keterampilan membaca permulaan, siswa sekolah dasar, alphabet cardAbstract
Latar belakang: Keterampilan membaca permulaan merupakan kemampuan yang sangat penting bagi setiap siswa. Meskipun ungkapan “Tiada Hari Tanpa Membaca” banyak dijumpai di berbagai lokasi, kenyataannya masih belum memberikan hasil yang maksimal. Kebiasaan membaca belum sepenuhnya membudaya di kalangan masyarakat. Membaca permulaan adalah suatu tahapan awal dalam proses membaca bagi siswa kelas rendah di SD. Pada tahap ini, siswa mulai belajar menguasai teknik membaca dan memahami isi bacaan secara tepat. Di tingkat SD, kegiatan membaca dibagi menjadi dua, yaitu tahapan membaca permulaan dan membaca lanjutan. Umumnya, membaca permulaan diberikan kepada siswa kelas 1 dan kelas 2. Pada tahap ini, peserta didik diharapkan dapat mengenal huruf, suku kata, dan kalimat, serta membentuk dasar keterampilan membaca. Selain itu, mereka juga dilatih untuk menghubungkan antar huruf dengan bunyi bahasa yang diwakilinya, sehingga kemampuan membaca mereka dapat berkembang secara bertahap.
Tujuan: Penelitian uini bertujuan untuk mengetahui apakah media Alphabet Card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060883 Medan Petisah
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-Eksperimental Design sebagai jenis desain penelitiannya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa, yang sekaligus merupakan keseluruhan dari populasi yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes, dokumentasi, dan observasi.
Hasil: Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung= 0,71 dan tTabel = 0,196 maka diperoleh t-hitung > t-tabel atau 0,71 > 0,196 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima
Simpulan: media Alphabet Card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060883 Medan Petisah T.A 2023/2024
Downloads
References
Ambarini,Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Gramedia Jakarta: Jakarta.
Arikunto,Suharsimi.2010 . Prosedur. Penelitian suatu Pendekatan Praktik EdRevisi.Jakarta : Rineka Cipta.
Farida Rahim 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT.Bumi Aksara:
Jakarta.
Suartini Ida Ayu 2014.Pengaruh model pembelajaran konstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Jambi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Darmiyanti Zuchdi, & Budiasih.2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Ditjen Dikti: Jakarta.
Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar.Yrama Widya. Bandung.
Djamarah, Syaifu, Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar.Rineka Cipta. Jakarta.
Eliyawati. Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Dirjen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, 2007, Strategi Belajar Mengajar,PT Refika Aditama: Bandung.
Hairudin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. DIVA Press: Yogyakarta.
Holilingsworth, Pat 2005. Pembelajaran Aktif. PT. Indeks. Jakarta.
Kartini, Diah. 2014. Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Magneti Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Penguasaan Kosa kata Pada Kelas II Sdn Majosari. E-Jurnal Volume1 No.1, https:/drive.google.com/file/d/ view. 01 February 2007.
Kurniawan, Imas. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia: Jakarta.
Munawir Yusuf. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo.
Padmi, I.G.A.2014. Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan, Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar dan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan. Volume 4, No.1. https:/drive.google.com/file/d/view, 01 February 2017.
Sadiman Arif dkk. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Suartini, I.A. Kmg. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, No.1. https:/drive.google.com/file/d/view. 01 February 2017.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. UNY Pers : Yogyakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia 2.Depdikbud, Universitas Terbuka: Jakarta.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Katerampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.
Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Medan : USM Medan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Antonius Sembiring, Maria Friska Nainggolan, Arman Bemby Sinaga, Nurul Mawaddah Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








.png)

