PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 066050 MEDAN DENAI
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i2.5648Keywords:
Media Big book, Keterampilan MembacaAbstract
Latar belakang: Keterampilan membaca sangat penting bagi seorang peserta didik. Membaca bertujuan untuk mendapatkan informasi baru baik berupa tulisan atau bacaan. Dengan membaca diharapkan peserta didik dapat memahami isi dan makna dari bacaan tersebut. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 066050 masih rendah. Oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat memicu minat baru, membangkitkan motivasi, dan merangsang kegiatan belajar dan meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar.
Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one grup pre-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah teknik total sampling dengan total 17 siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test, observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil: terdapat Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai.
Downloads
References
A.Suminto Sayuti.2000, Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media
Aprizia, O., B. 2019. Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tigas SD Negeri Pilang 02. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Budianti, Y., & Damayanti, N. 2017. Pengaruh metode KWL (Know Want to Learn) Terhadap Keterampilan dan Minat Membaca Siswa. Indonesian Journal. 1(1).
Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang. Laksita Indonesia.
Dalman, D. 2018. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S., B & Zain, A. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Duludu, U. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish.
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marliana, I. 2018. Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(2).
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marliana, I. 2018. Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekola h Dasar. 4(2).
Harianto, E. 2020. Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran. Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9 (1), pp. 1-8.
Haslinda, 2019. Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makasar. LPP Unismuh Maakassar.
Herlina, E., S. 2019. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4).
Istarani, I., & Pulungan, I. 2019. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Lusiana, N. 2020. Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. 2019. Desain Pembelajaran Inovatif (Dari Teori ke Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ningsih, A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri 66 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Riau.
Nurgiyantoro, B. 2013. Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.
Nursito. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama
Rahmawati, I. 2019. Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok B di Taman KanakKanak (TK) Namira School Kraksaan Probolinggo. Skripsi, UIN Sunan Ampel.
Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. 2019. Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), pp. 19-28.
Sinaga, M., S. 2020. Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita di SD Muhammadiyah 28 Medan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sugiyono. 2018. Metode Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Sumiharsono, S. (2018). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi
Sunarti, S. 2021. Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Semarang: Penerbit NEM.
Suparlan, S. 2021. Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1).
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Syelviana, N. 2019. Pengembangan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar, JPGSD. 7(1).
Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wahyunengsih, Y. 2019. Big Book Sebagai Alat Pengembang Media Literacy Dalam Konteks Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Widya, 2006, Penghantar Kajian Sastra. Author. Wiyatmi. Publisher : Pustaka.
Wiyatmi. 2006. Nasionalisme Prakemerdekaan Dalam Novel Student Hiji Karya Marco Kartodikromo: Telaah Sosiologi Sastra.
Zulmiyetri, Z., Nurhastuti, N., & Safaruddin. 2020. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Friska Nainggolan, Mei Lyna Girsang, Arman Bemby Sinaga, Angelina Stefani Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.